Akuntabilitas Sosial Perusahaan Mandiri Tunggal Sejahtera

Aktivitas tanggung jawab sosial sudah menjadi aktivitas penting bagi setiap Perusahaan dalam menjalani suatu bisnis. Secara umum kegiatan tanggung jawab sosial merupakan cara membangun kekuatan bisnis, dimana membutuhkan keseimbangan kesehatan ekonomi, pasar, dan komunitas.

Sebagai salah satu pemangku kepentingan atas keberadaan Perusahaan, masyarakat sekitar merupakan bagian dari Perusahaan yang menjadi indikator sekaligus pihak yang mendapat multiflier effect dari perkembangan bisnis Perusahaan. Tanggung jawab Perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar diwujudkan dengan kewajiban Perusahaan untuk mengalokasikan bagian keuntungan perusahaan guna mendukung peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sekitar dibidang ekonomi dan sosial.

Perusahaan telah menetapkan blueprint CSR sebagai manual book pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan/ Corporate Sosial Responsibility (CSR), yang didalamnya terdapat Strategic Flagship CSR Mandiri Tunggal Sejahtera yang mengambil tema Berbagi Kebahagiaan Bersama.

Program-program CSR yang dilaksanakan oleh Perusahaan mengacu pada UU No. 40/2007- UU Perseroan Pasal 74 dan penerapan konsep triple bottom lines yang menyelaraskan ekonomi, sosial dan lingkungan. Perusahaan berkomitmen sebagaimana tercantum dalam kebijakan perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Ernst and Young, 94% perusahaan meyakini bahwa kegiatan tanggung jawab sosial dapat membawa dampak positif bagi perusahaan dalam menjalani bisnis. Namun, kenyataanya hanya 11% perusahaan yang mengalami perubahan signifikan setelah menjalani kegiatan tanggung jawab sosial dengan strategis. Temuan lain pada penilitian, bahwa program tanggung jawab sosial yang dijalankan oleh perusahaan dapat meningkatkan probabilitas masyarakat sebesar 70% untuk membeli atau mengkonsumsi produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan.

Hasil studi kelayakan ini menunjukan bahwa tanggung jawab sosial  merupakan cara menjaga hubungan baik perusahaan dengan publik, artinya perusahaan tidak terus menerus mengejar skala ekonomi yang besar dalam menjaga ketahanan bisnis, namun harus peduli akan keseimbangan lingkungan sekitar khususnya masyarakat.Dengan melihat paparan studi tersebut Perusahaan juga meyakini bahwa kegiatan tanggung jawab sosial merupakan aktivitas penting untuk meningkatkan kelancaran bisnis. Sebagai panduan Perusahaan dalam memformulasi program tanggung jawab sosial, Perusahaan mengadopsi konsep Piramida Carrol.

Paparan studi dari Carrol Pyramid menyatakan bahwa setiap perusahaan memiliki empat piramida tanggung jawab dalam menjalani bisnis.

Lapisan paling dasar atau fondasi, sudah pasti tanggung jawab perusahaan diawal menjaga kestabilan usahanya melalui peningkatan arus kas masuk.

Lapisan kedua, perusahaan harus menjalani sebuah usaha dengan patuh pada peraturan atau regulasi pemerintah yang berlaku.

Lapisan ketiga, perusaahan bertanggung jawab dalam menjaga etika saat menjalani usaha, etika dalam studi ini mengacu pada nilai-nilai moral, keadilan, dan hak manusia (human rights).

Lapisan paling atas, adalah tanggung jawab perusahaan dalam berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti sumbangan, dukungan akan kebudayaan, pendidikan, kesehatan, dan seterusnya.

Dengan mengacu pada pemahaman Piramida Carrol, Perusahaan sadar bahwa perhatian atau peduli akan kesejahteraan masyarakat patut diperhatikan. Bagaimanapun juga masyarakat merupakan bagian dari faktor kontribusi peningkatan perekonomian di Indonesia.

 

Informasi Ini dipublikasikan, disunting, ditayangkan terakhir sesuai dengan Kebijakan Peraturan Penggunaan dan Kebijakan Perlindungan Privasi Pengguna Situs pada situs resmi PopIt Snack® tertanggal Kamis, 01 Maret 2018. Infomasi dan Berita terkait tentang Akuntabilitas Sosial Perusahaan berupa rilis berita dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dapat diakses pada halaman ini.