Kebijakan Pembayaran

I. PENDAHULUAN

1.1. Berikut adalah syarat dan ketentuan pembayaran (yang di sini disebut sebagai Kebijakan Pembayaran dan/atau “Ketentuan Pembayaran“) yang berlaku pada produk yang di beli dan/atau melalui situs dan applikasi PopIt Snack®, (yang di sini disebut sebagai “kami“, “Perusahaan“, dan/atau “PopIt Snack®“). Saat kami menyebut “Anda” maka yang dimaksud adalah pengguna situs dan applikasi PopIt Snack® yang termasuk didalamnya adalah kegiatan membeli produk dan jasa (yang selanjutnya disebut sebagai “Belanja Online“).

Dengan menyetujui kebijakan ini, Anda juga menyetujui ketentuan-ketentuan, yaitu semua bentuk kontrak yang mengikat secara hukum antara Perusahaan dan Anda. Anda harus membaca Kebijakan PembelianKebijakan Pembayaran, Kebijakan Pengiriman, dan Kebijakan Pengembalian dengan teliti sebelum membeli produk dari Belanja Online.

1.2. Berdasarkan Gerai Info Bank Indonesia, edisi 50, tahun 2014 didefinisikan bahwa less cash society merupakan sebuah program yang bertujuan membuat kebiasaan baru masyarakat untuk bertransaksi tanpa uang tunai. Ada tiga keuntungan dari less cash society. Pertama, transaksi non tunai lebih efisien karena setiap orangtidak perlu membawa uang tunai kemana-mana untuk melakukan transaksi bisnis.Kedua, transaksi non tunai relatif tidak berbiaya mahal. Ketiga, transaksi nontunai lebih memudahkan untuk dilacak apabila terjadi tindak pidana.

1.3. Menurut Peraturan Bank Indonesia No.18/40/PBI/2016 bahwa perkembangan teknologi dan sistem informasi terus melahirkan berbagai innovasi, khususnya yang berkaitan dengan financial tehnology (fintech) dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk di bidang jasa sistem pembayaran, baik dari sisi instrumen, penyelenggara, mekanisme, maupun infrastruktur penyelenggaraan pemrosesan transaksi pembayaran. Industri financial technology (fintech) merupakan salah satu metode layanan jasa keuangan yang mulai populer di era digital sekarang ini. Sistem pembayaran berbasis teknologi menjadi salah satu sektor dalam industri FinTech yang paling berkembang di Indonesia.

 

II. METODE PEMBAYARAN

Kami mendukung berbagai metode pembayaran, tergantung negara lokasi akun pembayaran Anda. Selain kartu kredit dan debit terkemuka, opsi pembayaran tertentu juga tersedia di negara atau platform tertentu. Kami akan menampilkan metode pembayaran yang tersedia untuk Anda pada halaman pembayaran sebelum Anda mengirimkan permohonan Belanja Online. Setelah Anda memilih negara Anda, semua detail pembayaran Anda akan ditampilkan.

Pembayaran tunai atau di luar situs melanggar Ketentuan Layanan Pengguna dan dapat menyebabkan pengguna terkait dikeluarkan dari situs dan applikasi PopIt Snack®. Perusahaan tidak memperkenankan menerima pembayaran di luar situs dan applikasi karena hal tersebut membuat kami kesulitan melindungi informasi Anda dan dapat menyebabkan Anda terpapar risiko penipuan dan masalah keselamatan lainnya yang lebih besar.

Di Indonesia PopIt Snack® bekerjasama dengan mitra perusahaan keuangan – FinTech untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi Belanja Online dengan menyediakan metode pembayaran yang praktis dan mudah. Saat ini Perusahaan bekerjasama dengan PT. Midtrans Indonesia (Midtrans – GoTo Financial), PT. Kharisma Catur Mandala (Duitku), PT. IONPay Networks (NicePay), dan PT. Bank BTPN,Tbk. (Jenius) sebagai penyelengara transaksi yang sah di situs dan applikasi PopIt Snack® dengan metode pembayaran di PopIt Snack® ada tiga kategori utama, yakni :

PopIt Snack® memberikan berbagai pilihan kemudahan metode pembayaran dimulai transfer antar bank, menggunakan virtual account, kartu debit, kartu kredit, dompet elektronik, dan metode lain-lain sesuai dengan alat pembayaran yang sah oleh hukum dan undang-undang di Negara Kesatuan Repubik Indonesia. Semua metode pembayaran berlaku sampai dengan 3 (tiga) jam dari waktu order terkonfirmasi, kecuali menggunakan dompet elektronik GoPay, Shopee Paylater, LinkAJa, QRIS, dan metoda QR Code lainnya yang dibatasi hanya dalam 15 (lima belas) menit. Jika Anda tidak melakukan pembayaran dalam kurun waktu tersebut maka sistem pembelian dianggap batal secara otomatis.

1. Bank Transfer

Anda dapat melakukan transfer melalui online banking atau ATM yang sesuai dengan Bank Anda, atau jaringan ATM seperti ALTO, PRIMA dan ATM BERSAMA dengan konfirmasi otomatis.

PopIt Snack® memiliki 4 (empat) jenis pembayaran Bank Transfer dengan menggunakan Virtual Account Bank yang dapat dipilih sesuai dengan metode pembayaran lembaga mitra kami. Yakni:

  • Bank BCA

  • Bank Mandiri Bill Payment

  • Bank BNI

  • BRI-VA
  • Bank lainnya atau jaringan ATM seperti ALTO, PRIMA dan ATM BERSAMA adalah Bank PERMATA, BRI, BNI, CIMB NIAGA, OCBC NISP, MEGA, HSBC, MANDIRI SYARIAH, MAYBANK, BTN, DANAMON, BANK DKI, ANZ, CITIBANK, BANK ARTHA GRAHA, DBS, KEB HANA BANK, PANIN BANK, BANK SAMPOERNA, MAYBANK, dan SINARMAS.

2. Kartu Debit

PopIt Snack® memiliki 4 (empat) jenis pembayaran Direct Debit yang dapat dipilih sesuai dengan metode pembayaran lembaga mitra kami. Yakni:

  • BCA Klik Pay

  • Octo Klik

  • E-Pay BNI

  • Danamon Online Banking

3. Kartu Kredit

Kami menghadirkan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit dengan jaminan rasa aman dan terpercaya. Sistem keamanan dan enkripsi kami memastikan agar data kartu kredit Anda tetap aman demi kenyamanan berbelanja di situs kami.

Anda dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit Visa & Master terbitan Indonesia atau menggunakan kartu kredit JCB dan American Express terbitan bank di luar Indonesia. Ikuti langkah berikut untuk melakukan pembayaran dengan kartu kredit:

Masukan detail kartu kredit di bagian “Informasi Pembayaran” pada proses check out

    1. Kemungkinan anda akan diminta untuk melakukan verifikasi tambahan sesuai ketentuan dari bank penerbit kartu kredit.
    2. Anda akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi pada nomer telepon yang terdaftar di kartu kredit saat melakukan proses transaksi. Bila anda tidak mendapat kode verifikasi tersebut, pastikan kembali nomer telepon yang terdaftar pada kartu kredit anda sudah tepat. Anda bisa kembali mencoba mengirimkan kembali kode verifikasi dengan klik tombol “Resend
    3. Anda dapat menerima email atau telepon yang menginformasikan  bahwa pesanan Anda berstatus “Credit Card Verification”. Hal ini berarti kami membutuhkan beberapa data tambahan untuk verifikasi dari Anda sebelum kami dapat melanjutkan proses pesanan. Mohon kesediaan anda mengirimkan :

a. Scan / foto KTP

b. Scan / foto kartu kredit bagian depan (jangan pernah mengirimkan bagian belakang).
      1. Demi menjaga keamanan, harap Anda menutup digit ke 7 – 14 sesuai contoh yang dikirimkan via email.
      2. Minimum batasan total nilai transaksi dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit  adalah Rp 100.000 atau nilai mata uang yang yang setara.

Untuk keamanan pembayaran dengan Kartu Kredit/Debit, akan ada verifikasi 3DS (3D Secure) di mana akan ada notifikasi/sms melalui Handphone Anda, yang harus dimasukkan pada saat transaksi.

4. Cicilan Tanpa Kartu

Terima pembayaran cicilan dengan Kredivo, Akulaku dan Indodana. Anda dapat membayar sesuai limit kredit yang diberikan kepada Anda.

5. E-Money

Pembayaran via Dompet Elektronik Lainnya yang diterbitkan dan disahkan oleh lembaga finansial di Indonesia, termasuk diantaranya adalah Jenius, GoPay, OVO, LinkAja, dan ShopeePay.

6. Online Payment

Pembayaran via Dompet Elektronik dengan metoda QRIS memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dari semua e-money seperti OVO, ShopeePay, DANA, LinkAja, dan lain-lain yang diterbitkan dan disahkan oleh lembaga finansial di Indonesia.

7. Over The Counter

Pembayaran tunai atau dengan kartu dapat dilakukan di Indomaret, Alfamart, Alfa Midi, dan Dan+Dan, Pegadaian, dan Kantor Pos di seluruh Indonesia.

III. CARA PEMBAYARAN

Metode pembayaran dijelaskan terpisah sesuai dengan ketentuan masing-masing penyelenggara transaksi/ mitra keuangan – FinTech ;

Cara membayar melalui Midtrans (PT. Midtrans Indonesia)

Cara membayar melalui Duitku (PT Kharisma Catur Mandala)

Cara membayar melalui NicePay (PT IONPay Networks)

Cara membayar melalui Jenius (PT. Bank BTPN, Tbk.)

 

IV. KETIDAKABSAHAN
  1. Jika terdapat satu ketentuan atau lebih dalam Ketentuan Pembayaran yang telah ditetapkan dianggap tidak sah oleh pejabat berwenang atau peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, maka ketentuan lainnya masih dianggap berlaku dan Anda tetap terikat dengan ketentuan tersebut.
  2. Termasuk didalamnya kondisi gagal transaksi, gagal pembayaran, saldo terpotong, deciline, reject, dan kondisi lain yang mengakibatkan kerugian kepada Anda saat melakukan Belanja Online, melalui situs dan applikasi PopIt Snack®. bukan merupakan tanggung jawab PopIt Snack®. Segala bentuk ketidakabsahan dan sengketa dilakukan oleh Anda dengan penyelenggara transaksi yang Anda telah pilih, termasuk didalamnya pihak penyelenggara keuangan yang bekerjasama dengan penyelenggara transaksi.

 

VI. PRIVASI

Segala informasi pribadi, seperti dan detail pembayaran yang Anda berikan kepada kami selama proses pemesanan akan kami simpan dan gunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi yang dapat Anda lihat di situs dan applikasi PopIt Snack®.

 

 

 

Kebijakan Ini dipublikasikan, disunting, ditayangkan terakhir sesuai dengan kebijakan lainnya pada situs resmi PopIt Snack® tertanggal Kamis, 08 Februari 2018.