0

Cart

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya Dalam CSR Memberikan Sosialisasi Kedua Program BossMuda Untuk Generasi Muda Bersama RKB Telkom Indonesia

Kabupaten Bandung 10 Maret 2019, untuk segera dipublikasikan. – Bertepatan dengan HUT BUMN dari rangkaian acara yang diinisiasikan oleh Telkom Indonesia untuk generasi muda, hari ini digelar sosialisasi kedua dari Program BossMuda. Dengan tajuk “Gathering UMKM Binaan Telkom dan Usahawan Muda“, Bapak Fransiscus selaku mentor dari kegiatan program BossMuda memberikan sekilas mengenai program tersebut kepada para peserta. Peserta kali ini dihadiri oleh mahasiswa – mahasiswi civitas akademia dari Universitas di sekitaran Bandung dan juga beberapa pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN Telkom Indonesia wilayah regional Soreang.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya menjawab dan meresponi mandat dari Kementrian BUMN dan Rumah Kreatif BUMN dalam hal ini adalah Rumah Kreatif BUMN Telkom Indonesia dalam mencanangkan program BossMuda. Peran serta PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dalam BossMuda adalah sebagai mentor, coach, dan juga pelaku UMKM itu sendiri untuk memberikan rangsangan kepada para generasi muda yang berpartisipasi dalam program BossMuda untuk dapat dilatih dan berkarya.

Hal yang menarik dari sosialisasi program BossMuda kali ini adalah kehadiran para pelaku UMKM baik UMKM pemula dan UMKM yang sudah berkembang. Untuk menciptakan ekosistem dan berbagi pengalaman, harus ada kolaborasi lintas generasi. Seperti contohnya, UMKM yang mayoritas pelaku ekonomi kreatifnya adalah ibu – ibu rumah tangga memberikan kiat dan berbagi pengalaman bagaimana mereka dapat merangkul buyer – buyer baru. Sedangkan generasi milenial yang mempunyai kecenderungan untuk menampilkan sisi komersil dari segi visual, mereka mampu menciptakan suatu interaksi antara pembeli dan penjual secara virtual. Kesamaannya adalah, keduanya mempunyai target dalam mengedukasi konsumen dan meraih simpati konsumen. Cara – cara ini dalam ilmu marketing sering kali dikenal dengan consumer engagement, aktivitas dimana melibatkan konsumen dalam berinteraksi dengan brand atau barang – jasa yang ditawarkan.” , papar Bapak Fransiscus, Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dalam memberikan pengantar sosialisasi BossMuda kedua di kawasan Plaza Telkom Soreang.

Rumah Kreatif BUMN (RKB) ini merupakan wadah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem. Tentunya melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. BossMuda atau Bisnis Online So Simple untuk UMKM. Dengan target generasi muda, salah satunya mahasiswa – mahasiswi yang diharapkan menjadikan enterpreneurship sebagai salah satu pilihan pekerjaan, sehingga menjadi karyawan dan PNS tidak menjadi satu-satunya pilihan mendapatkan lapangan pekerjaan.

Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) punya peran penting dalam perekonomian Indonesia,” jelas OSM Rumah Kreatif BUMN Telkom Sabri Rasyid, untuk itu, PT Telkom Indonesia ingin turut serta dalam pengembangan UMKM Indonesia. Karena peluang UMKM yang masih sangat luas membuatnya seringkali mendapat perhatian dari berbagai instansi, termasuk pihaknya. RKB adalah inisiatif Kementerian BUMN dalam rangka mewujudkan UKM Indonesia berkualitas. Hal ini dicapai melalui pembinaan dengan level Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Terdapat 3 sektor UMKM yang menjadi fokus pembinaan, yaitu food, fashion, dan craft. Salah satu misi Rumah Kreatif BUMN adalah mewujudkan visi Presiden Joko Widodo, yaitu Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia.

Kendala UMKM pada umumnya termasuk kami, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya, adalah permodalan, pemasaran, dan management perusahaan. Kami telah melewati kurasi dan reviewer dari PT. Telkom Indonesia dalam menjadi mentor BossMuda. Perbedaannya, kami melakukan akselerasi atau percepatan di mayoritas perusahaan. Tujuan akselerasi tersebut adalah meminimalisir Traps dan Weakness perusahaan dan mengubahnya menjadi Strong point atau Opportunity point. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan yang terjadi di masyarakat saat ini, kita semua sebagai UMKM perlu bersinergi dan melihat bagaimana bisnis yang kita jalankan mampu menjadi asset dan juga berperan menjawab akan kebutuhan masyarakat. Intinya produksi produk yang menjawab kebutuhan masyarakat, bukan memproduksi sesuatu yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat. Karena dalam prinsip ekonomi, ada demand pasti harus diimbangkan dengan supply.“, tutup Fransiscus saat sesi pengenalan dan sosialisasi program BossMuda pada peserta.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan Kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Rumah Kreatif BUMN Telkom Indonesia untuk Wilayah Regional Kabupaten Bandung
Rumah Kreatif BUMN (RKB)  merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Mengingat begitu pentingnya peran UKM dalam perekonomian negara, beberapa Badan Usaha Milik Negara seperti Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Telkom, Pertamina dan PLN membangun Rumah Kreatif BUMN atau disingkat RKB untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas usaha-usaha dalam sektor tersebut. Apa itu Rumah Kreatif BUMN? Merupakan rumah bersama yang berperan sebagai pusat data dan informasi selain itu pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM. Tujuan didirikannya RKB ini adalah sebagai upaya untuk memperdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian Indonesia.

PT Telkom lndonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) untuk meningkatkan wawasan dan daya saing para pelaku UKM di Indonesia, khususnya melalui pelatihan operasional pemasaran online dan listing penjualan produk di situs e-commerce Blanja.com. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di indonesia agar mampu menembus pasar global di era digital. Abdus Somad Arief selaku Direktur Wholesale dan intemasional Service Telkom menjelaskan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bidang telekomunikasi digital, TelkomGroup berkomitmen mendukung penuh peningkatan kualitas UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.