Keranjang

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya Dalam CSR Memberikan Pengarahan Kepada UMKM Desa Solokan Jeruk Kabupaten Bandung Dalam Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Padjadjaran

Kabupaten Bandung 05 Desember 2020, untuk segera dipublikasikan. – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu program Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah Pelaksanaan KKN Tematik Kewirausahaan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat dengan mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai pembimbing yang berfokus pada penguatan kewirausahaan. Unpad menjadi perguruan tinggi percontohan pertama yang mengimplementasikan aspek pembelajaran transformatif kewirausahaan melalui KKN Tematik ini.

Ketua Pusat Inkubator Bisnis/Oorange Unpad Diana Sari, PhD, menyampaikan, pelaksanaan KKN Tematik Kewirausahaan ini menggunakan beragam modul kewirausahaan dari USAID. Modul ini meliputi pemetaan potensi desa, pemberian pembelajaran terkait model bisnis dan keuangan, hingga monitoring dan evaluasi.

Sebagai tenant unggulan dari Pusat Inkubator Bisnis/ Oorange Unpad, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya yang dipimpin oleh Bapak Fransiscus melakukan mentoring dan pemaparan secara mendalam tentang kegiatan KKN Tematik  kewirausahaan di desa Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Acara yang diikuti oleh pengiat wirausaha lokal, komunitas umkm, hingga aparatur desa, dibalut dengan apik oleh penggagas acara, mahasiswa dan mahasiswi Universitas Padjadjaran yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) tematik.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan dan mengedukasi mengenai prinsip dan implementasi 7P kepada  para wirausaha di Desa Solokan Jeruk. Tentunya semua harus mengacu pada landasan dan teori yang ada, perusahaan yang saya pimpin sebagai percontohannya. Pada dasarnya UMKM harus mengenal siapa dan potensi mereka sendiri, menciptakan solusi yang menjadi unique selling proportion dari barang dan jasa yang mereka tawarkan. Semua presentasi ini dikemas bukan seperti kegiatan belajar mengajar, namun secara santai. Saya sangat memahami cara pandang dan pola pikir mereka, semua harus disesuaikan untuk audiencenya.“, papar Fransiscus Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Produk olahan ubu yang sama dengan ibu yang duduk disebelah Anda, yaitu usaha keripik rempeyek. Nah, kalau bapak ditawari produk oleh kedua ibu ini, produk mana yang akan bapak pilih? Mungkin bapak akan cari penjual yang cantik ya, buat digodain?“, kelakar Fransiscus saat mempresentasikan. “Ibu bisa menggaet pelanggan dengan candaan ibu, memikat konsumen agar membeli produk. Ini salah satu kekuatan ibu yang merupakan bagian dari teknik pemasaran. Ibu sebelahnya mempunyai ketahanan produk yang lebih lama serta lebih renyah, ini bagian dari keunggulan produk, dan juga dikemas secara apik. Artinya masing-masing harus sadar dan peka akan kekuatan dan kelemahan dari bisnis yang dijalankan. Mengenal siapa kita, produk kita, hingga lawan atau kompetitor kita akan memudahkan kita untuk mendulang hasil yang baik.

Kegiatan KKN Temantik Unpad kali ini diharapkan membawa dampak yang positif bagi warga dan penduduk Desa Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Dimana 80% diantaranya bekerja sebagai buruh pabrik dan 20% sebagai wiraswasta / UMKM. Diharapkan meningkatkan persentase dan menumbuhkan wirausaha baru di Desa Solokan Jeruk dan daerah sekitarnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan Kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Universitas Padjadjaran
Sejak 20 Oktober 2014, status universitas berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari sebelumnya berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).[2] Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tertanggal 16 Januari 2014, Unpad mendapat peringkat A (sangat baik)

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran
Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

STORE NOTICE: Dear valuable customers, We are sorry to announce You that all of our's online and offline channels, retailers, distributors, and PopUp stores are closed during the coronavirus pandemic in Indonesia. Thank you for your understanding. We will back to serve you again after this COVID-19 pandemic is over. Let Share The Happiness, Together We Can!