fbpx

Mandiri Tunggal Sejahtera Dalam CSR Menjadi Tim Pendamping Relawan UKM Terdampak COVID-19

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya Dalam CSR Sebagai Tim Relawan Pendamping UMKM Terdampak COVID-19 bersama Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 25 April 2020, untuk segera dipublikasikan. – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) telah merilis formulir elektronik (e-Form) untuk mendata para pelaku koperasi dan UMKM yang terdampak virus corona (COVID-19). Para pelaku usaha kecil dan menengah termasuk yang paling terkena imbas situasi darurat pandemi covid-19. Pemerintah berupaya melakukan jaring pengaman ekonomi untuk para pelaku usaha yang kesulitan. Sekretaris Kementerian Koperasi UKM Rully Indrawan mengatakan penggunaan e-Form dilakukan guna menjaring data yang akurat, sehingga bantuan kepada para pelaku UMKN benar-benar tepat sasaran.

Untuk dapat menerapkan kebijakan dan fasilitasi pemerintah bagi para pelaku KUMKM terdampak covid-19 secara tepat sasaran, diperlukan data yang akurat,” kata Rully kepada Antara, Senin (13/4/20). Rully memastikan pendataan ini dilakukan secara gratis tanpa biaya. Pasalnya, anggaran untuk eksekusi program-program mitigasi ini sudah cair, sehingga tidak ada keharusan bagi para pelaku untuk membayar kompensasi apapun. “Kami paham bahwa sudah banyak beredar pendataan di masyarakat, namun e-form ini sangat diperlukan untuk memastikan tersedianya data yang akurat dan mutakhir,” katanya. Ia menyadari kondisi, karakteristik, dan permasalahan UMKM di seluruh Indonesia yang amat beragam menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenkop dan UKM untuk menyalurkan jenis program dan bantuan yang tepat.

Oleh sebab itu sirkulasi e-form ini kami lakukan melalui jejaring perangkat organisasi terkait KUMKM, bukan langsung ke masyarakat,” terang Rully. Pihaknya memang sangat membutuhkan pengumpulan data secara mutakhir dan detail sebagai dasar dalam menentukan kebijakan di lapangan. Pendataan via daring ini bagian dari kelanjutan program pengaduan secara hotline KUMKM terdampak yang dimulai sejak 17 Maret 2020. Dengan demikian, Kemenkop bisa secara cepat merespons dalam menerima laporan. Instrumen ini pun bakal menjadi patokan untuk menyiapkan strategi tepat sasaran untuk dapat menyalurkan bantuan secepat mungkin.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM TB Fiki C Satari menerangkan, upaya pendataan ini tidak dilakukan hanya di Kemenkop dan UKM. “Kami bekerja sama lintas kementerian dan lembaga terkait pasokan dan analisis data ini,” kata TB Fiki. Dia melanjutkan, Kemenkop UKM juga melibatkan kelompok-kelompok masyarakat dan pendamping koperasi dan UKM, yang memiliki jangkauan dan jaringan hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya turut berpartisipasi dalam membantu pemulihan ekonomi para UMKM di Indonesia, dengan mengirimakan direktur utama perusahaan sebagai relawan pendamping UMKM terdampak. Dalam hal ini perusahaan mendaftarkan kandidatnya di komunitas LUNAS. Sebanyak 31.475 orang telah mendaftarkan dirinya untuk menjadi relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan sebanyak 6.523 orang sudah terlatih untuk selanjutnya ditempatkan dalam penugasan masing-masing lewat komunitas maupun organisasi yang menaunginya.

Saya telah mendaftar dengan kode sertifikat 339182, Pendamping UMKM yang terdaftar di LUNAS menyediakan jasa pendampingan di semua bidang, mulai dari kelembagaan, SDM, produksi, akses pembiayaan, pemasaran, IT, dan kerjasama. Mereka memiliki keahlian dibidang pelatihan, fasilitasi, konsultasi, mentoring, coaching, dll. LUNAS dikelola oleh forum komunitas UMKM. Difasilitasi oleh PEAC BROMO. Didukung oleh Kementerian Koperasi & UKM, Asosiasi BDS Indonesia, SME Institute, PNM, dan pihak-pihak lain yang memiliki kesamaan visi dalam mewujudkan UMKM Naik Kelas di Indonesia. Tim pendamping memiliki kode etik dalam membantu UMKM, termasuk diantaranya tidak meminta pungutan biaya bagi para UMKM. Ini seiring dengan program CSR kami, PopIt Care. Kedepan PopIt Care juga merupakan nama komunitas dari program CSR perusahaan.“, papar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan Kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Tugas dari kementrian ini berperan untuk membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan di bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kementrian-kementrian yang ada di Indonesia dibentuk dengan tujuan yang berbeda-beda. Fungsi utama suatu kementerian adalah untuk membantu pemerintah pusat yaitu presiden untuk dapat mengontrol segala sektor dari setiap aspek yang menjadi bagian dari suatu negara tersebut. Dengan rumusan tugasnya, Membantu Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yang meliputi koordinasi, perumusan kebijakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan penyelenggaraan pengelolaan serta pelayanan administratif kepada seluruh unsur di lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.