0

Cart

PopIt Snack® Berpartisipasi dalam Business Gathering Kawasan Sains dan Teknologi Universitas Padjadjaran

Kabupaten Sumedang 14 September 2019, untuk segera dipublikasikan. – Hadirnya Kawasan Sains dan Teknologi (KST) di perguruan tinggi bukan sekadar menjadi etalase inovasi hasil penelitian. Kawasan ini harus menjadi bagian integral dalam menghilirkan berbagai inovasi penelitian akademik menjadi sesuatu yang bermanfaat di masyarakat. “Pengembangan KST oleh pemerintah diharapkan bisa punya kontribusi kuat bagi pembangunan bangsa,” ujar Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad saat membuka seminar internasional “The Padjadjaran International Conference on Science & Technology Parks and Incubators in Innovation Ecosystems” (PICS) di Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda, No. 4, Bandung, Senin (5/11/18).

Selaras dengan rencana strategis pengembangan KST, hadirnya kawasan ini merupakan fasilitasi penting dalam menghasilkan inovasi di perguruan tinggi. Namun, upaya ini tidak mungkin dapat dijalankan oleh perguruan tinggi saja. Rektor menjelaskan, harus ada ekosistem interaksi yang melibatkan berbagai sektor strategis. Melalui interaksi dan kolaborasi yang baik, berbagai inovasi tersebut akan dihilirkan dan memiliki keterkaitan kuat dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. “Inovasi ini supaya dapat dinikmati masyarakat memang harus diskalabesarkan, yang jembatannya adalah pelaku bisnis atau industri,” kata Rektor. Di sisi lain, industri akan tertarik apabila inovasi itu dibutuhkan pasar. Rektor mengatakan, sekalipun inovasi yang dihasilkan merupakan penemuan luar biasa, jika pasar menilai kebutuhannya tidak banyak, industri belum tentu mau memproduksi secara besar.

Berikutnya, kalaupun dibutuhkan pasar, proses ini menguntungkan tidak? Saya yakin tidak ada industri yang mau berbisnis kalau tidak menguntungkan,” jelasnya. Penciptaan ekosistem interaksi dalam wahana KST diharapkan dapat menjembatani inovasi dengan kebutuhan masyarakat dan bisnis pelaku industri. Meski saat ini perkembangan bisnis rintisan (start up) sebagian besar bukan berasal dari pengembangan keilmuan, Rektor meyakini kekuatan akademik tetapi menjadi kunci membangun kekuatan bangsa. Melalui seminar internasional ini, diharapkan terbangun ekosistem dan saling keterbukaan dalam pengembangan KST Unpad. Hal ini didasarkan, banyak peserta seminar yang bukan berasal dari kalangan akademisi.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera selaku tenant Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun 2019 dari Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran mendapatkan kesempatan dan undangan untuk memperkenalkan produknya pada stakeholder, jajaran, dan pengelola Kawasan Sains dan Teknologi Universitas Padjadjaran. Tamu undangan dari berbagai kalangan seperti peneliti, dosen, pengembang, hingga instansi pemerintahan turut hadir menyemarakan kegiatan ini.

Tujuan utama KST Unpad adalah mengusung kekuatan nilai akademik sebagai branding Unpad dalam mendukung pembangunan berkelanjutan untuk menghasilkan kesejahteraan yang lestari (sustainable welfare). KST Unpad diselenggarakan oleh para ahli profesional di lingkungan Unpad melalui upaya mempromosikan budaya inovasi dan kompetisi antara asosiasi pelaku usaha komersial dengan institusi-institusi berbasis pengetahuan. Cara yang ditempuh adalah: a) melakukan stimulasi dan mengatur alur pengetahuan dan teknologi antara universitas, institusi riset dan pengembangan (research & development), pelaku usaha komersial, dan pasar; b) memfasilitasi pembentukan dan pertumbuhan perusahaan berbasis inovasi melalui proses inkubasi dan pemisahan perusahaan (spin-off); c) menyediakan jasa pertambahan-nilai lain dengan ruang dan fasilitas berkualitas tinggi; dan d) mensinergikan pihak-pihak pemerintah (pusat dan daerah), pelaku usaha komersial (bisnis dan industri), dan masyarakat (konsumen) untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan yang lestari. Dengan demikian, keberadaan KST Unpad diharapkan mampu membuat networking yang berkelanjutan antara Unpad, pemerintah, pelaku industri/bisnis, dan masyarakat. Lebih jauh, dalam rangka promosi dan sosialisasi peningkatan peran KST Unpad, maka kerjasama dengan media menjadi bagian penting pengembangan KST Unpad. Melalui kinerja sinergis ini, diharapkan mampu meningkatkan dan mempercepat pengembangan produk serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan inovasi ke produk yang dapat dipasarkan sehingga dapat diperoleh economic return yang tinggi. Sedangkan manfaat KST Unpad adalah sebagai pelaku riset dan pengembangan memungkinkan pelaku usaha komersial, pemerintah dan masyarakat mengakses ide, inovasi, dan teknologi yang dikembangkan oleh para peneliti Unpad.

KST Unpad memiliki empat divisi layanan, terdiri dari divisi layanan teknis, divisi layanan pengembangan teknologi, divisi layanan inkubasi bisnis teknologi dan divisi layanan pendukung. Divisi layanan teknis melayani pelatihan, peragaan, konsultasi teknis dan informasi; divisi layanan pengembangan teknologi melayani desain teknologi, purwarupa, managemen kelayakan intelektual dan konsultasi hukum, divisi layanan inkubasi bisnis teknologi melayani dukungan teknologi dan manajemen bagi perusahaan pemula berbasis teknologi; dan divisi layanan pendukung melayani fasilitas produksi skala terbatas, ruang kantor, ruang konferensi/ seminar/ pameran.

Pada kesempatan ini saya mendapatkan peluang dengan berkolaborasi dengan salah satu mitra binaan dari KST UNPAD, kegiatan – kegiatan seperti ini dapat membuka networking dan peluang kerjasama baru. Saya sangat mengapresiasi bentuk kegiatan seperti ini, sangat bermanfaat bagi UKM seperti kami. Di kesempatan ini juga kami memperkenalkan produk dari PopIt Snack® sehingga para stakeholder, khususnya pengurus dan pengelola KST mengenal tenant – tenant yang dibina juga oleh Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Padjadjaran, Oorange.“, jelas direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya bapak Fransiscus.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah : Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa. Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4. Visi utama dari Kemenristekdikti ini adalah mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran
Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN