0

Cart

PopIt Snack® Ditetapkan Sebagai Penerima Pembiayaan Kemenristekdikti Penerima Pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019

Kabupaten Bandung 28 Maret 2019, untuk segera dipublikasikan. – Berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Pada Direktorat Inovasi Industri dan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, No: 004/F1/PPK.2/Kp/III/2019 tentang Penetapan Penerima Pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Yang Dibiayai Oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019. PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya sebagai pemegang merek dagang PopIt Snack telah ditetapkan sebagai salah satu penerima pembiayaan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Tahun 2019, disahkan dan ditetapkan di Jakarta 20 Maret 2019 oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menargetkan hingga 2019 lahir 1.000 perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT) atau start-up. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari program insentif (seed funding) untuk PPBT yang dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga sekarang, Kemristek Dikti telah mendukung program pemerintah dengan pencapaian 661 start-up baru. Tahun 2015 Kemristekdikti mendorong 52 start-up, 2016 ada 151 start-up dan 2017 sebanyak 458 start-up atau PPBT. Insentif yang diberikan berkisar Rp 250 juta smapai Rp 500 juta bagi setiap PPBT.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, hasil riset harus memiliki nilai tambah sehingga dapat menjadi produk inovasi. Produk inovasi yang dihasilkan harus bisa dihilirisasikan ke dunia industri agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. “Inovasi dibuat tidak hanya untuk diproduksi, namun inovasi juga harus dikomersialisasikan,” katanya.

Menristekdikti menambahkan, inovasi merupakan salah satu bagian dari program Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo. Kepada para peserta sosialisasi program PPBT, Menristekdikti berpesan agar hasil riset dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Riset bukan untuk keinginan peneliti saja dalam mengembangkan inovasinya, namun riset yang baik adalah bisa berguna bagi masyarakat. Inovasi yang tidak bisa dikomersialkan, bukan inovasi lagi namanya,” ucap Nasir. Melalui insentif PPBT dan inkubasi teknologi, tingkat kesiapan teknologi PPBT didorong ke level 7-9 yang artinya menuju diproduksi massal dengan menggandeng industri.

Sesuai yang telah ditetapkan, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya berhasil mengajukan rancangan anggaran belanjanya sebesar Rp 338.959.000,- yang termasuk didalamnya dalah anggaran tenant dan inkubator kami, Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran. Saat ini kami sedang menghold semua proses produksi dan akan berencana mengalihkan ketempat yang baru sesuai dengan pengajuan kami sebagaimana kami PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya ingin mencapai Good Manufacturing Practice (GMP), penjaminan Sistem Mutu dan Sistem Jaminan Halal dari produk yang kami tawarkan kepada masyarakat. Kiranya informasi ini akan menjadi penting dan diketahui oleh khalayak. Ini adalah Seed Funding pertama kami langsung dari kementrian riset dan teknologi, kami ingin pengembangan dan riset dilakukan untuk menyempurnakan kualitas produk kami. Tahap selanjutnya setelah GMP adalah FDA untuk menjamin dapat diedarkan ke berbagai negara tetangga – ASEAN“, papar Fransiscus Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya meresponi perihal penetapan penerima pembiayaan program PPBT Tahun 2019 ini.

Selanjutnya kami akan menghadiri acara yang digelar oleh Kemenristekdikti dalam waktu dekat ini, direncanakan 10 April 2019, acara tersebut di hadiri oleh Bapak Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Ini adalah titik balik kami untuk menuju revolusi industri 4.0 seperti yang dicanangkan oleh bapak presiden sendiri, Kami yakin PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya mampu mengembangkan dan memperluas jaringannya. Hal terpenting adalah respon dari konsumen dan pasar, sekali lagi kami ucapkan terima kasih, karena berkat konsumen lah kami bisa menjadi seperti hari ini.“, tutup Bapak Fransiscus.

Hal mengenai  Penetapan Penerima Pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Yang Dibiayai Oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019 dapat disimak di halaman situs resminya di tautan https://ristekdikti.go.id/pengumuman/pengumuman-penetapan-proposal-penerima-pembiayaan-program-perusahaan-pemula-berbasis-teknologi-oleh-anggaran-pendapatan-dan-belanja-negara-tahun-2019/ dan salinan ketetapan tersebut dapat diunduh disini.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah : Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa. Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4. Visi utama dari Kemenristekdikti ini adalah mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran
Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN