0

Cart

PopIt Snack® Diundang Mengikuti Seleksi UMKM Juara oleh Dinas Koperasi dan UKM Jawa Barat

Kabupaten Bandung 10 Mei 2019, untuk segera dipublikasikan. – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUK) Jawa Barat memiliki beberapa program unggulan yakni One Pesantren One Product (OPOP), UMKM Naik Kelas, Koperasi Juara dan Wirausaha Juara dan Digitalisasi Koperasi. Program unggulan tersebut sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejahtera dan adil melalui pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan.

Program OPOP dan UMKM Juara sedang berjalan memasuki proses registrasi atau pendaftaran. Untuk program OPOP merupakan salah satu program dari 17 program Pasantren Juara. Kegiatan OPOP bertujuan mendorong pesantren di Jabar untuk mandiri secara ekonomi,” tutur Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUK), Kusmana Hartadji, di Bandung, Selasa (8/4), beberapa waktu yang lalu.

Pesantren di Jabar memiliki potensi besar untuk mandiri secara ekonomi. Hanya saja, sebagian besar diantara mereka masih memerlukan pendampingan usaha, mulai dari penggalian potensi hingga pemasaran. Dari 9000 pesntaren di Jabar baru sebagian kecil yang memiliki kemandirian ekonomi.

Pesantren sangat dimungkinkan untuk mandiri dengan memberdayakan sumber daya yang dimiliki. Pesantren dapat memiliki unit usaha untuk mengembangkan keberadaannya. Sedangkan Program UMKM Juara merupakan program yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat sebagai salah satu program unggulan untuk mencapai JABAR Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi. Program ini mendorong UMKM untuk dapat tumbuh dan berkembang dalam skala kelas usaha. Manfaat yang didapatkan oleh UMKM yang mengikuti program ini adalah penguatan diri dan manajemen usaha untuk dapat naik kelas dengan memanfaatkan teknologi dalam berbisnis, khususnya teknologi informasi.Secara garis besar, program UMKM Juara dibuat untuk membimbing dan mendampingi UMKM di Jabar untuk dapat lebih produktif, lebih maju dan memiliki pasar yang lebih luas. Hal tersebut dilakukan lewat pendampingan dan pelatihan bersama tenaga ahli selama enam bulan. Selama enam bulan tersebut, wirausahawan juga berkesempatan untuk menjalani temu bisnis dan gelar produk, hingga berpameran di dalam dan luar negeri berdasarkan hasil penilaian dan kurasi para tenaga ahli.

Kepala Dinas KUMKM Jabar, Kusmana Hartadji mengatakan program ini merupakan lanjutan dari program pembimbingan UMKM lima tahun ke belakang. Fokusnya menyasar para usaha kecil dengan syarat tertentu.”Ini lanjutan program wirausaha lima tahun ke belakang, tapi tidak menutup kemungkinan yang belum ikut, bisa ikutan program ini. Priorotas kita di provinsi adalah usaha kecil,” ungkapnya ketika ditemui di Bandung beberapa waktu lalu. Fasilitas yang akan diterima adalah meliputi pendampingan dan pelatihan oleh tenaga ahli di bidangnya selama enam bulan, temu bisnis dan gelar produk, benchmarking bagi UMKM yang progresnya meningkat selama pendampingan, hingga pameran dalam dan luar negeri berdasarkan hasil penilaian dan kurasi. “Pembiayaan usaha juga akan kami fasilitasi. 2500 orang itu tidak diseleksi, yang memenuhi syarat bisa ikut asal kuota masih mencukupi,” jelasnya. Periode pendaftaran dibuka mulai dari 25 Maret 2019 hingga 14 April 2019. Calon peserta dapat mengunjungi lama web dengan alamat umkmjuara.jabarprov.g.id.

Tertanggal 10 Mei 2019, lewat undangan bernomor 005/3062/BUK yang dikeluarkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Barat, dengan nomor urut 43, Mandiri Tunggal Sejahtera yang akan diwakilkan oleh direktur utamanya Bapak Fransiscus, di undang untuk mengikuti seleksi wawancara UMKM Juara di Aula Magister Manajemen Universitas Padjadjaran Bandung.

Mandiri Tunggal Sejahtera saat ini masih terlibat dalam program UMKM Naik Kelas Batch II Jawa Barat yang dilaksanakan mulai Januari – Juni 2019. Program UMKM Juara merupakan program yang mendukung dan melaksanakan program Gubernur Jawa Barat terpilih Bapak Ridwan Kamil. Lagi-lagi perusahaan mendapatkan pengakuan dari dinas dan pemerintahan setempat, bahwasanya setelah mengikuti UMKM Naik Kelas Batch II Jawa Barat akan dilanjutkan dengan program UMKM Juara. Bagi kami program yang saat ini kami jalani (UMKM Naik Kelas Batch II Jawa Barat) adalah akselerasi dan pemantapan, tentunya sasaran dan harapan perusahaan adalah benchmarking dan networking sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Kami akan menolak penawaran pemerintah akan pembiayaan usaha sampai program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi tahun 2019 dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi selesai dan terevaluasi. Kami tidak ingin mencari pelatihan kemudian mendapatkan pendanaan, mindset yang salah apabila arah perusahaan dibawa seperti itu. Saya sebagai pengemban komando perusahaan, ingin agar laju perusahaan dapat sejalan dengan program pemerintah, saling bersinergi. Goal kami jelas dapat mewakili Indonesia, sebagai produsen dan sebagai produk. Pendampingan diperlukan untuk pemantapan. Itu alasannya setiap kali kesempatan saya selalu berkata, para pembina dan pendamping kami posisikan sebagai board of advisor perusahaan.“, jelas direktur utama Mandiri Tunggal Sejahtera Bapak Fransiscus

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Dinas Koperasi dan UKM Jawa Barat
Kebijakan bidang Koperasi dan Usaha Kecil diarahkan dalam rangka mendukung perwujudan Misi Kedua Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu “Membangun Perekonomian yang Kokoh dan Berkeadilan”, dengan tujuan Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan mengurangi disparitas ekonomi antar wilayah. Dengan Tugas Pokoknya, Melaksanakan urusan pemerintahan bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah meliputi Badan Hukum Koperasi, Izin Usaha Simpan Pinjam, Pengawasan dan Pemeriksaan, Penilaian Kesehatan KSP/USP Koperasi, Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian, Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi, Pemberdayaan Usaha Kecil, dan Pengembangan Usaha Kecil yang menjadi kewenangan provinsi, serta melaksanakan tugas dekonsentrasi sampai dengan dibentuk Sekretariat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dalam melaksanakan tugas pembantuan sesuai bidang tugasnya.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang Mandiri Tunggal Sejahtera
Mandiri Tunggal Sejahtera adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

Mandiri Tunggal Sejahtera  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN