fbpx

PopIt Snack® Diundang Mengikuti Sosialisasi Katalog Elektronik Produk Innovasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/ BRIN) Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 22 September 2020, untuk segera dipublikasikan. – Mempersiapkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang atau jasa pemerintah, LKPP berupaya untuk mensosialisasikan informasi kepada instansi-instansi terkait. Guna menyiapkan hal tersebut pada sistem pembelian langsung secara elektronik barang/jasa pemerintah menggunakan e-Katalog dan e-Purchasing, LKPP merasa perlu memiliki momentum yang baik untuk siap mentransfer ilmu akan arah kebijakan umum katalog elektronik dan e-purchasing.

Dalam rangka mendukung percepatan pemulihan, transformasi, dan pertumbuhan ekonomi nasional, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) bersinergi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) dan Kementerian/Lembaga Lintas Sektor, memprakarsai komersialisasi produk inovasi pengadaan barang/jasa pemerintah dengan mencantumkan produk inovasi ke dalam katalog elektronik sektoral produk inovasi. Upaya ini sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Perpres No. 16 Tahun 2018 tersebut mengamanahkan kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menggunakan hasil invensi dan inovasi nasional. Demikian hal nya dengan UU No. 11 Tahun 2019 yang mengatur salah satu bentuk insentif Badan Usaha yang melaksanakan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan Iptek yakni pencantuman produk hasil inovasi tersebut ke dalam katalog elektronik pemerintah.

Peraturan LKPP 7/2020 Tentang Perubahan atas Peraturan LKPP 11/2018 Tentang Katalog Elektronik mengamanahkan Kemenristek/BRIN untuk melakukan proses pra katalog melalui mekanisme Penilaian dan notifikasi produk inovasi mempertimbangkan aspek maturitas produk inovasi, jaminan ketersediaan produk, pengelolaan kekayaan intelektual, valuasi harga, rekam jejak kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan iptek, serta manajemen risiko produk inovasi. Secara nasional, Kemenristek/BRIN akan melibatkan K/L lain khususnya dalam penilaian sertifikasi, standardisasi dan/atau penilaian kesesuaian dan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional Ke 25, tanggal 10 Agustus 2020, Menteri Riset dan Teknologi Bambang P.S. Brodjonegoro dan Kepala LKPP, Roni Dwi Susanto menandatangani Nota Kesepahaman Pencantuman barang dan/atau jasa dalam katalog elektronik sebagai dasar untuk melaksanakan pembelian secara elektronik (e-purchasing). Bertepatan dengan hal tersebut, telah dilakukan peluncuran Katalog Elektronik Sektoral Produk Inovasi.

Pada akhirnya, sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik, Katalog elektronik sektoral produk inovasi diharapkan dapat menjadi rangkaian solusi untuk mewujudkan transformasi produk inovasi menjadi produk komersial yang dimanfaatkan di dalam negeri dan sekaligus memungkinkan menjadi barang subtitusi impor bahkan diharapkan dapat membidik ekspor pasar internasional.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya sebagai salah satu tenant binaan dari kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia, diundang untuk mengikuti sosialisasi tersebut, dan diharapkan seluruh produk dan aliansinya dapat tergabung dalam ekosistem yang telah diciptakan oleh pemerintah. PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya merupakan salah satu tenant dari progam Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun Program 2019, Direktorat Jenderal Penguatan Innovasi Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia bersama dengan Universitas Padjadjaran dan Politeknik STIA Lembaga Administrasi Negara.

Harapannya, kami dapat menciptakan ekosistem yang baik dan terlibat dalam bagian dari program pemerintah dan dapat menjadi rangkaian solusi untuk mewujudkan transformasi produk inovasi menjadi produk komersial yang dimanfaatkan di dalam negeri dan sekaligus memungkinkan menjadi barang subtitusi impor bahkan diharapkan dapat membidik ekspor pasar internasional.“, ucap Fransiscus Direktur Utaman PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia
Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (dahulu Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, disingkat Kemenristekdikti) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang riset, teknologi, dan inovasi. Kementerian Riset dan Teknologi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.Kemenristek/BRIN dipimpin oleh seorang Menteri Riset dan Teknologi merangkap sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Menristek/Kepala BRIN) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 dijabat oleh Bambang Brodjonegoro. Berdiri sejak tahun 1962 dengan nama Kementerian Urusan Riset Nasional Republik Indonesia, kemudian pada tahun 1973 berubah nama menjadi Menteri Negara Riset. Periode tahun 1986-2001 menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi, dan tahun 2002 sesuai Surat Edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara perihal Penamaan Instansi Pemerintah, Kantor Menteri Negara disebut dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Pada tahun 2005, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 institusi ini disebut Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT) atau dengan sebutan Kementerian Negara Ristek sebelum kembali berganti nomenklatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 menjadi Kementerian Riset dan Teknologi. Pada tahun 2014 pada masa kepemimpinan Presiden Jokowi, nomenklatur Kementerian Riset dan Teknologi kembali berubah menjadi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Perubahan ini merupakan konsekuensi dari penggabungan urusan pendidikan tinggi ke kementerian ini yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lima tahun kemudian di tahun 2019, tanggung jawab bidang Pendidikan Tinggi kembali dibawahi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga berubah kembali menjadi Kementerian Riset dan Teknologi. Selain itu presiden membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional dan dipimpin oleh Menristek.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran
Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan dan minuman dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN