0

Cart

PopIt Snack® Diundang Mengikuti Technical Meeting dalam Rangkaian Acara I3E Kemenristekdikti

Jakarta 19 September 2019, untuk segera dipublikasikan. – Ratusan Innovator startup teknologi yang dibina melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dan Inovasi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Ristekdikti, akan berpartisipasi aktif pada kegiatan Inovasi Inovator Indonesia Expo (I3E) yang akan diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis – Minggu, 3-6 Oktober 2019.

Gambar Highlight Hak Milik dan Dokumentasi dari  Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyatakan I3E 2019 ini akan menghubungkan penemu (Inventor), pelaku perubahan atau inovasi (Innovator), pemilik modal (Inventor), serta masyarakat. Pameran I3E 2019 akan dimeriahkan dengan produk-produk inovasi baru dari 396 startup teknologi di tahun 2019, dan juga dari total 1.307 startup yang sudah dibina Kemenristekdikti selama lima tahun terakhir (2014 – 2019). Ke 396 (tiga ratus sembilan puluh enam) startup ini, dinilai sudah mampu menghasilkan produk inovasi yang sudah siap digunakan oleh masyarakat dan industri.

Namanya Inventor – Innovator – Investor collaboration, jadi kolaborasi di antara mereka. Dalam I3E ini akan di fasilitasi business gathering atau match making meeting. Dari pertemuan seperti ini lah kita harapkan munculnya beberapa investor menjadi tertarik. Kalau ada pertanyaan apakah ada yang tertarik? Kemarin ada investor yang sampaikan ‘Pak Menteri saya tertarik produk ini nanti’, padahal baru melihat brosur, apalagi setelah mereka melihat bendanya”, kata Menristekdikti sambil tersenyum, pada saat Konferensi Pers I3E 2019 di Plaza Senayan, Jakarta pada Selasa (10/9).

Kemenristekdikti selama lima tahun terakhir sudah membina 1.307 tenants, mencakup 749 tenant startup dalam program PPBT, 558 tenant calon startup dari CPPBT dan 15 tenant Inovasi Industri, yang ketiganya dikelola oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi (Ditjen PI) Kemenristekdikti. Menristekdikti menargetkan setiap tahunnya terjadi sepuluh persen peningkatan dari jumlah tenants yang berasal dari calon startup dari program CPPBT menjadi startup teknologi yang dewasa dalam program PPBT.

Banyaknya Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) ada 548. Dari kondisi tersebut, nanti diharapkan mereka menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Saya meyakini jika kenaikan 10% dari 550 itu, jika terjadi sudah sangat hebat sekali. Biasanya dari CPPBT menjadi PPBT itu hanya 5%, tapi saya targetkan 10%. Itu berarti jumlahnya sekitar 50-60 PPBT. Hal ini dapat dicapai karena Kemenristekdikti juga melakukan pendampingan terhadap CPPBT untuk menjadi PPBT. Jadi jumlah 548 CPPBT akan di seleksi ketat dan didampingi melalui sarana konsultasi, untuk menjadi PPBT“, ungkap Menteri Nasir.

Dari 1.307 tenant (periode 2014 – 2019), tersebut terdapat 13 tenant dewasa dengan omzet lebih dari 1 miliar Rupiah per tahun. Tujuh belas (17) tenant berkembang dengan omzet 500 juta hingga 1 miliar Rupiah per tahun, serta 79 tenant dengan omzet 100 juta hingga 500 juta Rupiah per tahun. Lima besar provinsi dengan jumlah tenant terbanyak mencakup Jawa Barat (56 tenant), DI Yogyakarta (39 tenant), Jawa Tengah (35 tenant), Jawa Timur (34 tenant), dan DKI Jakarta (15 tenant). Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti sebagai pelaksana program PPBT, CPPBT, dan Inovasi Industri mencanangkan bahw Tahun 2020 akan ada pemerataan jumlah tenant di seluruh Indonesia, terutama diharapkan adanya peningkatan jumlah tenant dari luar Jawa.

Kami sudah mulai dorong ada afirmasi untuk program CPPBT dan atau PPBT, penugasan khusus pada wilayah tertentu sesuai karakteristik dan sumberdaya manusianya. Kalau di Jawa ini, sudah di kenal bahwa kualitas SDM sudah tinggi dan perguruan tingginya sudah hebat-hebat. Tetapi saya tetap meyakini kualitas SDM di luar Pulau Jawa juga mampu bersaing positif dengan tenant di Pulau Jawa, akan tetapi akan dibuatkan program afirmasi dahulu, sebesar 50 persen untuk tenant dari Pulau Jawa, nach 50% akan tetap diberikan pada tenant yang berasal dari Pulau Jawa”, harap Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe dalam kesempatan yang sama. Turut hadir dalam kesempatan ini Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe, Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Retno Sumekar, serta para media kolega dan sahabat Kemenristekdikti.

Kamis tertanggal 19 September 2019, menindak lanjuti prescon kegiatan I3E, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya menghadiri acara Technical Meeting yang berlangsung di Gedung D Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia dibilangan Senayan Jakarta. Tujuan pengadaan Technical Meeting ini memberikan wawasan kepada para perserta untuk dapat mengikuti program dan rangkaian acara dengan baik. Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya Bapak Fransiscus hadir untuk mengikuti rangkaian acara tersebut.

Hal mengenai  Penetapan Penerima Pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Yang Dibiayai Oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019 dapat disimak di halaman situs resminya di tautan https://ristekdikti.go.id/pengumuman/pengumuman-penetapan-proposal-penerima-pembiayaan-program-perusahaan-pemula-berbasis-teknologi-oleh-anggaran-pendapatan-dan-belanja-negara-tahun-2019/ dan salinan ketetapan tersebut dapat diunduh disini.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah : Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa. Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4. Visi utama dari Kemenristekdikti ini adalah mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran
Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN