fbpx

PopIt Snack® Memastikan dan Memberikan Pernyataan Kepastian Keamanan Pangan Sesuai Prosedur COVID-19

Kabupaten Bandung 03 Maret 2020, untuk segera dipublikasikan. – Direktur Pengendalian Penyakit Menular Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Wiendra Waworuntu mengatakan, hingga saat ini, makanan belum terbukti dapat menularkan virus corona. Namun Kementrian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Edaran yang ditujukan kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi dan pimpinan perusahaan se-Indonesia, yang isi dari surat edaran tersebut adalah untuk mengantisipasi dampak pneumonia berat ini di dunia ketenagakerjaan, selanjutnya Kemnaker melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) menerbitkan Surat Edaran Nomor B.5/51/AS.02.02/I/2020 perihal kewaspadaan penyebaran penyakit Pneumonia berat yang tidak diketahui penyebabnya pada pekerja.

Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Iswandi Hari mengatakan surat edaran tertanggal 24 Januari 2020 yang lalu ditujukan kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi dan pimpinan perusahaan se-Indonesia. Dalam surat edaran ini, Kepala Disnaker dan pimpinan perusahaan diimbau untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan K3, khususnya dalam upaya pencegahan pneumonia berat yang tidak diketahui penyebabnya; menyebarluaskan informasi kepada jajaran organisasi dan pihak terkait yang berada di wilayah pembinaan terhadap kasus pneumonia berat yang tidak diketahui penyebabnya terhadap sektor ketenagakerjaan

Kita juga meminta agar segera dilakukan pendataan dan melaporkan kepada instansi terkait setiap kasus atau yang patut diduga kasus pneumonia berat yang tidak diketahui penyebabnya di tempat kerja; serta mewajibkan kepada setiap pimpinan perusahaan untuk melakukan antisipasi terhadap kasus pneumonia berat yang tidak diketahui penyebabnya dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan.” imbuh Iswandi.

Sebagai salah satu UMKM dan juga penyelenggara industri pangan, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya memastikan dan memberikan pernyataan terhadap kepastian keamanan pangan terkait prosedur COVID-19. Berikut adalah pernyataan akan komitmen tersebut:

PERNYATAAN PT. MANDIRI TUNGGAL SEJAHTERA TERKAIT KEAMANAN PANGAN DAN PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS COVID-19 DI LINGKUNGAN TEMPAT PRODUKSI PERUSAHAAN

Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik untuk para Pelanggan, Kami dari PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya selaku produsen dari PopIt Snack selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan bersama dengan melakukan beberapa tindakan yang kami selalu terapkan dikawasan produksi kami (“Tempat Produksi”).

Kami memastikan bahwa tempat produksi selalu dibersihkan setiap saat sesuai dengan prosedur standar dan rutin. Sistem sanitasi dari hulu ke hillir; mulai dari penyimpanan dan penyiapan bahan makananan, segala permukaan yang ada di tempat produksi, peralatan, pegangan pintu, kamar kecil, hingga perangkat pengiriman/ delivery antara lain, tas/box pengantaran, kemasan, serta kendaraan bermotor kami lakukan setiap hari tanpa ada yang dikecualikan.

Seluruh makanan dan minuman yang disiapkan telah melalui proses yang higienis untuk memenuhi standar dan kualitas keamanan pangan. Setiap bahan makanan yang didatangkan dari supplier pilihan berkualitas termasuk bahan mentah telah dicuci dan disanitasi sebelum proses dan dikemas. Kami tentunya selalu memastikan seluruh makanan matang saat dikemas.

Seluruh jaringan karyawan kami yang bertugas mulai dari mempersiapkan, memasak, mengemas, sampai dengan mengantar pesanan juga telah dan selalu menjalankan prosedur kebersihan secara perorangan; mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer adalah keharusan sebelum dan sesudah menangani bahan pangan. Kami juga mewajibkan pemakaian Alat Pelindung DIri (APD) selama melakukan rutinitas, khususnya kepada karyawan operasional yang bersentuhan langsung dengan bahan pangan.

Mempertimbangkan perkembangan terkini kasus Virus COVID-19 kami telah melakukan prosedur tambahan sebagai bagian dari upaya pencegahan. Kami melakukan screening kepada seluruh karyawan yang akan mulai bekerja setiap harinya. Apabila ada yang menunjukan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sebagainya, akan dicatat dan tidak diijinkan untuk berkerja sampai dinyatakan sehat oleh dokter.

Kami juga menerapkan prosedur yang sama terhadap pihak-pihak terkait, antara lain, supplier dan vendor baik barang maupun jasa, yang berurusan dengan PopIt Snack atau yang berada di area tempat produksi kami.

Keselamatan dan kenyamanan Anda sebagai Pelanggan merupakan prioritas utama kami.

Kabupaten Bandung 03 Maret 2020

Ditandatangani, ditetapkan ,dan efektif diberlakukan hari ini Selasa 03 Maret 2020 oleh,

Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya

 

Kami telah menerima petunjuk teknis dari kementrian dan dinas terkait pencegahan dan penyebaran virus COVID-19 diawal bulan Februari yang lalu juga surat edaran mengenai keselamatan dan kesehatan kerja. Dipintu masuk utama juga terpampang jelas aturan dan Standard Operation Protocol perusahaan terkait Alat Pelindung Diri (APD), bahkan sebelum maraknya virus COVID-19, APD kami juga memiliki standarisasi N95, Masker N95 itu didesain untuk laboratorium dan juga produksi, masker biasa yang disebut masker bedah juga kami miliki. APD kami cukup lengkap dari pelindung wajah, tangan, kaki yang semuanya sekali pakai. Petugas audit BPPOM menghimbau agar perusahaan memiliki disposable suit untuk visitor khusus yang diijinkan masuk kewilayah area tempat produksi utama, dan ini sudah kami lakukan. Mungkin kesannya sebagai pelaku UMKM memiliki SOP dan APD yang berlebihan, tapi ini komitmen dan prinsip kami guna melakukan implementasi HACCP dan SNI ISO 22000:2018 terkait dengan keamanan pangan. Mungkin kami belum bisa membeli metal detector terkait implementasi tersebut, tapi setidaknya implementasi lain kami sudah menerapkannya. BPPOM juga menghimbau, perusahaan memiliki protokol terkait kejadian luar biasa hingga protokol keadaan force major yang ditentukan oleh pihak yang memiliki otoritas dalam hal ini pemerintah, pejabat berwenang, dan penyidik. Ketika Presiden Republik Indonesia menyiarkan tentang COVID-19, pernyataan ini langsung kami tetapkan, ini sifatnya mandatori bagi kami. Kami juga mempublikasikan pada kahalayak dan lingkungan perusahaan hal Pedoman dan Petunjuk Teknis dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia terkait COVID-19!“, tegas Fransiscus, Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Pedoman Kemenkes RI Akan Kesiapsiagaan Menghadapi Corona Virus Disease (COVID-19) dapat di unduh dari peletakan data perusahaan di tautan berikut ini atau dapat mengikuti perkembangan mengenai Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia dari tautan resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di tautan berikut ini. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan dan minuman dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN