0

Cart

PopIt Snack® Mendaftar dan Mengikuti Penyelenggaraan Sistem Elektronik Kementrian Komunikasi dan Informatika

Kabupaten Bandung 12 Mei 2019, untuk segera dipublikasikan. – Sudah tidak dipungkiri lagi revolusi digital telah merambah ke berbagai sektor industri. Penggunaan teknologi sudah menjadi tulang punggung bagi setiap perusahaan, termasuk hubungan bisnis operasional dengan pelanggan telah merubah pola dan pendekatan dalam bisnis. Sayangnya, perubahan ini kurang diiringi kesadaran atas hak dan tanggung jawab antara penyedia sistem elektronik dan pelanggan terkait aspek keamanan informasi.

Penyingkapan data pelanggan, ketidaklaikan operasi sistem elektronik, kegagalan transaksi sistem elektronik adalah bagian contoh kecil konsekuensi logis atas minimnya pengendalian atas keamanan informasi. Agaknya, perubahan ini yang dilihat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) selaku regulator dibidang informatika sekaligus mengemban amanah dalam Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. KOMINFO merasa punya kepentingan menentukan kriteria atas data dalam sistem elektronik sekaligus menentukan standarisasi pengamanan informasi berdasarkan kriteria data tersebut. Ternyata kriteria data bukan satu-satunya dalam melakukan pengamanan informasi, setiap sistem elektronik yang menyimpan data pelanggan juga wajib mengamankan data pelanggan tersebut.

Untuk memberikan layanan terbaik bagi customernya, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya telah melakukan permohonan legalitas pada Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) untuk Penyelenggaraan Sistem Elektronik mengenai permohonan KB-NP-002 tentang Pendaftaran PSE Non Penyelenggara Negara.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang menyatakan “Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) memastikan setiap perusahaan yang melakukan transaksi elektronik untuk melakukan pendaftaran. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pendaftaran Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE)

Sistem pendaftaran PSE dibuat untuk mewujudkan penyelenggara sistem dan transaksi elektronik yang aman dan terpercaya sehingga mampu memberikan pelayanan yang cepat, akurat, dan transparan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta dan tingkat kepercayaan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi.

Dasar hukum mengenai hal ini adalah seperti yang dipublikasikan oleh KOMINFO sebagai berikut :

  1. Undang Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
  3. Peraturan Menteri Kominfo Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik.

Kewajiban ini perusahaan yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik untuk pelayanan publik ini, antara lain yang memiliki portal/situs yang dipergunakan untuk fasiltas perdagangan, memiliki fasilitas pembayaran dan/atau transaksi keuangan lainnya secara online.

Pusat data yang wajib dibangun di Tanah Air adalah yang terkait hal strategis seperti pertahanan, intelijen, dan lainnya. Sedangkan di luar konteks tersebut, perusahaan bisa menggunakan komputasi awan (cloud computing) yang pemrosesannya dilakukan di luar negeri. Perusahaan rintisan (startup) termasuk kategori perusahaan yang boleh memproses datanya di luar negeri. “Ekosistem startup tidak bisa berjalan optimal kalau data center diwajibkan berada di Indonesia. Teknologi saat ini beralih ke cloud computing dan masing-masing memiliki pusat datanya tersendiri,” ujar Rudiantara. Salah satu poin yang akan diubah dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik tersebut adalah ketentuan mengenai kewajiban membangun pusat data di dalam negeri. Nantinya, aturan tersebut akan diperinci dengan memisahkan jenis data yang disimpan di pusat data. “Ada penyimpanan dan pemrosesan data yang harus ada di Indonesia, ada juga yang pemrosesannya boleh dilakukan di luar Indonesia,” kata Rudiantara.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan tegas melaksanakan kewajibannya untuk mengikuti regulasi dan perizinan secara resmi. Memang pendaftaran Penyelenggaraan Sistem Elektronik bukanlah suatu kewajiban dan keharusan, namun sebagai Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, hendaknya melegalisasi perusahaan dengan regulasi yang ada. Saat ini surat pengajuan dan permohonan sudah kami layangkan ke KOMINFO, setelah mendapat tanda daftar perusahaan di Kementrian Koperasi dan UKM, sebagai platform dan basis digital PopIt Snack lewat PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkaryamendaftarkan juga ke instansi terkait. Tujuan kami adalah jaminan pada konsumen dan mitra. Trust ini penting, tanpa kepercayaan dan transparansi yang sudah dijalan kan perusahaan, tidak mungkin perusahaan dapat bertahan hingga hari ini.“, papar direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya Bapak Fransiscus.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya bernama Departemen Penerangan (1945-1999), Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi (2001-2005), dan Departemen Komunikasi dan Informatika (2005-2009). Kementerian Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Dengan tugasnya Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN