0

Cart

PopIt Snack® Mendaftar dan Mengikuti Program Kemenristekdikti PPBT Tahun 2019

Kabupaten Bandung 07 Januari 2019, untuk segera dipublikasikan. – Hari ini PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya (PopIt Snack®) melakukan pendaftaran dan mengikuti program Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Inkubator BiCube – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara. PPBT adalah program seed funding (pendanaan) yang diberikan kepada tenant perusahaan pemula berbasis teknologi melalui lembaga inkubator bisnis untuk menjalankan proses inkubasi terhadap perusahaan pemula / tenant sehingga siap untuk menjadi perusahaan pemula berbasis teknologi yang mendatangkan keuntungan (profitable) dan berkelanjutan (sustainable).

Foto illustrasi pada tajuk utama halaman ini diambil dari sumber Tim Publikasi dan Dokumentasi Kemenristekdikti  untuk pekan PPBT 2018 yang lalu.

Bapak Fransiscus selaku direktur utama dari PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya ini mengatakan, “Tujuan kami mengikuti program PPBT dari kemenristekdikti ini adalah mensosialisasikan visi dan misi perusahaan untuk membantu kesejahteraan petani di Indonesia dan sekaligus memperkenalkan perusahaan. Kami adalah UMKM di kategori mikro, namun hingga saat ini sudah banyak lembaga instansi negara hingga pihak korporasi swasta turut mendukung visi dan misi perusahaan. Bentuk bantuan yang diberikan hingga hari ini adalah fasilitas dan pengembangan perusahaan. Pada tahun 2019 sesuai dengan agenda internal perusahaan, dengan bantuan dan dukungan dari akselerator BiCube yang merupakan hasil sinergi antara ABCGM (Akademisi Business Community Goverment and Media) dalam satu wadah akselerator dan inkubator bernama BiCube. Tim ABCGM ini nantinya akan membantu para pelaku UMKM berupa informasi, akses pasar, akses perijinan, akses keuangan, akses fasilitas bisnis serta jejaring yang dapat meningkatkan bisnis UMKM, salah satunya adalah PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya mendapatkan kesempatan untuk bergabung sebagai tenant dari BiCube, lewat kolaborasi sinergis antara para pihak, salah satu bentukan dukungan yang sudah kami peroleh adalah fasilitas pelatihan yang langsung dibina oleh stakeholder dari BiCube, dengan tujuan pengarahan perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi.

Program kegiatan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini adalah merupakan lanjutan dari program sebelumnya yaitu program Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi yang sudah dilakukan sejak tahun 2013 yaitu berupa skema pendanaan yang diberikan kepada pengusaha pemula berbasis teknologi (startup) melalui lembaga inkubator untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka yang pada akhirnya diharapkan mampu berkontribusi untuk perekonomian masyarakat dan meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

Pemanfaatan teknologi digital dapat mendorong industri nasional lebih berdaya saing di kancah global dengan menghasilkan produk yang berkualitas, aman dan sesuai standar. Apalagi, dalam era Industry 4.0 yang fokus menerapkan penggunaan internet sebagai penopang utama pada proses produksi.

Hal serupa diserukan oleh Kementrian Perindustrian, “Pemerintah memproyeksikan Indonesia akan menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 dengan menargetkan 1.000 technopreneur, valuasi bisnis mencapai USD100 miliar, dan total nilai e-commerce sebesar USD130 miliar,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pada acara Breakfast Meeting dengan Financial Services and Fintech Delegation Mission US-Indonesia Investment Initiative 2017 AmCham Indonesia di Jakarta. Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tidak hanya mengajak kepada pelaku usaha skala besar, tetapi juga industri kecil dan menengah (IKM) agar menangkap peluang dalam pengembangan digital seperti kemajuan tenologi artificial intelligent, robotic, dan 3D printing. Sejumlah manufaktur besar telah siap memasuki era Industry 4.0, di antaranya industri semen, petrokimia, otomotif, serta makanan dan minuman.

Kemenperin pun mendorong lingkungan digital ini untuk meningkatkan pertumbuhan IKM di dalam negeri. Kami memformulasikan digital environment dengan melibatkan market place, perusahaan logistik, dan Fintech,” paparnya.

Ini adalah langkah konkrit pemerintah dalam targetnya Indonesia maju secara digital dan revolusi industri 4.0. PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya juga melangkah bersama dengan lembaga pemerintahan terkait hingga kementrian untuk mensosialisasikan dan berpartisipasi sebagai langkah nyata bahwa Indonesia akan menopang digitalisasi di Asia Tenggara. Sambutan dari BiCube sebagai akselerator dan inkubator seperti yang telah dijelakan oleh para stakeholdernya ini menjadi trigger agar perusahaan mampu dan memiliki kesamaan visi dan misi untuk mendukung Indonesia yang lebih baik.“, papar Fransiscus.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

TentangKementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah : Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa. Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4. Visi utama dari Kemenristekdikti ini adalah mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN