0

PopIt Snack® Mengikuti Bimbingan Teknis Indeks Keamanan Informasi Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia

Kota Bandung 25 Februari 2020, untuk segera dipublikasikan. – Direktorat Indentifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Ekonomi Digital (IKPRED) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar Bimbingan Teknis Indeks Keamanan Informasi (Bimtek Indeks KAMI) bagi 54 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sektor ekonomi digital di Hotel Harris Bandung pada 25-27 Februari 2020. Bimtek tersebut merupakan langkah BSSN meningkatkan standar pengelolaan keamanan informasi untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital yang aman dan kondusif.

Direktur IKPRED BSSN, Nunil Pantjawati menyatakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019, setiap PSE harus menyelenggarakan sistem elektronik secara andal dan aman serta bertanggungjawab terhadap beroperasinya sistem elektronik sebagaimana mestinya. Berdasarkan dasar peraturan tersebut, untuk mewujudkan keamanan ranah siber khususnya pada ekosistem ekonomi digital, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi kerentanan dan risiko PSE. Nunil menyatakan Indeks KAMI bisa diaplikasikan secara mandiri untuk mengukur dan mengetahui tingkat kesiapan penerapan kriteria keamanan informasi. Indeks KAMI juga bisa digunakan sebagai alat evaluasi untuk menganalisis tingkat kesiapan pengamanan informasi di suatu organisasi atau instansi. Evaluasi dilakukan terhadap berbagai area penerapan keamanan informasi dengan ruang lingkup pembahasan semua aspek keamanan yang didefinisikan oleh standar ISO/IEC 27001:2013 yang mengatur tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

Seluruh peserta bimtek yang berjumlah 100 orang tersebut kemudian mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya berupa kegiatan diskusi panel dengan tema Kebijakan Keamanan Siber di Sektor Ekonomi Digital. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setiawan, Kasubbag Penyusunan Rancangan Peraturan, Ditjen APTIKA Kemenkominfo Denden Imadudin Soleh, Pengawas Junior Otoritas Jasa Keuangan Andhy Mamhola Tambun, dan Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia Kusheryansyah.

Sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya mempunyai kewajiban untuk mengamankan informasi publik, khususnya informasi dari customernya, sebagai bentuk dan perwujudan nyata landasan hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah republik Indonesia. Pelatihan atau bimbingan teknis indeks keamanan informasi ini bertujuan sebagai acuan dasar perusahaan dalam mengembangkan penyelenggaraan sistem elektronik, baik berupa situs maupun applikasi. Karena pada dasarnya semua aspek keamanan informasi ini mengacu pada standarisasi internasional ISO 27001.“, papar Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya, disela-sela pemaparan workshop BSSN.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

 

Tentang Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya bernama Departemen Penerangan (1945-1999), Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi (2001-2005), dan Departemen Komunikasi dan Informatika (2005-2009). Kementerian Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Dengan tugasnya Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Tentang Badan Siber dan Sandi Negara
Bandan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah lembaga pemerintah nonkementerian, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang menaungi koordinasi di bidang politik, hukum, dan keamanan. BSSN merupakan peleburan dari dua institusi, yaitu Lembaga Sandi Negara dan Direktorat Keamanan Informasi serta Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo. Dengan dibentuknya BSSN, maka seluruh tugas dan fungsi pada Lembaga Sandi Negara dilaksanakan oleh BSSN. Tugas pengamanan telekomunikasi berbasis protokol internet, dan infrastruktur telekomunikasi pada Kementerian Kominfo juga beralih ke BSSN. Pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dilakukan pada 19 Mei 2017, dan ditetapkan lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN