fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Mengikuti Kelas Online Persiapan Audit Keuangan kreatIPO Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

PopIt Snack® Mengikuti Kelas Online Persiapan Audit Keuangan Untuk Melantai di Bursa Efek Indonesia bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 21 Juli 2020, untuk segera dipublikasikan. – Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan sosialisasi daring Initial Public Offering (IPO) melalui Webinar KreatIPO bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pengusaha di sektor parekraf untuk mengembangkan perusahaannya melalui pasar modal Indonesia serta menjangkau investor yang lebih luas.

Webinar KreatIPO ini merupakan kegiatan sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat, terutama pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar investing society di Indonesia segera terwujud serta membangun ekonomi berbasis inovasi, kreativitas, dan pengetahuan. Hal tersebut tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya suprastruktur lingkungan strategis berupa masyarakat yang punya literasi investasi yang baik. Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo, dalam Webinar KreatIPO “Peran Aspek Hukum Sehubungan Rencana IPO Serta Peran dan Tanggung Jawab Konsultan Hukum Dalam Proses IPO”, Jakarta, beberapa waktu lalu mengatakan, topik utama sosialisasi daring ini terkait dengan peranan dari konsultan hukum. Hal ini penting bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang ingin mencari sumber pendanaan di Bursa Efek Indonesia atau Pasar Modal Indonesia dengan peran dari konsultan hukum. Series Webinar KreatIPO hari init ditekankan dalam tema “Persiapaan Audit Keuangan“.

Menurut saya, pemahaman mengenai hukum merupakan sebuah fondasi bagi mereka yang akan berkecimpung atau ingin memperoleh modal di pasar modal. Ketentuan-ketentuan hukum inilah yang merupakan aturan main yang harus kita ketahui sebelum terjun di pasar modal,” ujar Fadjar.

Head of IDX Incubator, Aditya Nugraha, memaparkan pasar modal tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan besar namun juga sebagai sarana yang dapat dimanfaatkan oleh semua jenis perusahaan konvensional yang ingin tumbuh menjadi lebih besar. Keuntungan sebuah perusahaan masuk ke IPO ialah mendapatkan akses ke pendanaan. Masyarakat akan menganggap bahwa perusahaan tersebut akan menjadi perusahaan yang naik kelas.

Perusahaan akan dimiliki oleh publik, lalu akan dimonitor oleh regulator dan media massa. Sehingga sosial kontrolnya tinggi. Selain itu, perusahaan akan dipaksa untuk menerapkan tata kelola yang baik dan akan dituntut untuk bekerja lebih keras, sehingga perusahaan kita bisa memberikan return kepada para investor kita. There is a beauty of being listed company,” ujar Aditya.

Regulasi bagi pencatatan saham calon emiten UKM juga sudah siap sejak tahun lalu, sehingga saat ini merupakan momentum untuk mendorong kelompok perusahaan ini masuk bursa. Regulasi yang dimaksud yakni POJK 53/POJK.04/2017 tentang Pernyataan Pendaftaran dalam Rangka Penawaran Umum dan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu oleh Emiten dengan Aset Skala Kecil atau Emiten dengan Aset Skala Menengah. Aturan lainnya yakni POJK 54/POJK.04/2017 yang secara khusus mengatur tentang bentuk dan isi prospektusnya. Kedua aturan ini sudah terbit sejak pertengahan Juli 2017 lalu sehingga perlu ditindaklanjuti segera. Dalam POJK tersebut, perusahaan kategori kecil adalah yang memiliki total aset kurang dari Rp50 miliar, sedangkan kategori menengah memiliki total aset antara Rp50 miliar hingga Rp250 miliar. Perusahaan tersebut harus merupakan badan usaha Indonesia dan tidak dikendalikan langsung oleh emiten yang bukan berskala kecil atau menengah, atau perusahaan dengan aset di atas Rp250 miliar.

Selama ini, emiten UKM di bursa tercatat di papan pengembangan yang mensyaratkan calon emiten memiliki aset fisik bersih minimal Rp5 miliar. Papan akselerasi akan menjadi tempat bagi emiten UKM yang masih tahap awal operasi seperti perusahaan-perusahaan yang berbasis sumber daya, seperti perkebunan dan pertambangan mineral serta migas dan belum membukukan keuntungan.

Beberapa waktu yang lalu kami dari PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya diundang oleh Indonesia Stock Exchange (IDX) perwakilan wilayah Jawa Barat. Kami mempelajari secara umum haluan bagaimana UMKM dapat juga melantai dalam papan akselerasi di bursa efek. Webinar yang diselenggarai oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lebih menekankan bagaimana perusahaan (UMKM) dalam mempersiapkan audit keuangan. Ibu Silviana Devi dari Crowe Indonesia memaparkan isu – isu tentang keuangan, akuntansi, dan laporan yang benar dalam penyajian laporan keuangan dan laporan arus kas perusahaan sebagai salah satu persyaratan dalam persiapan menuju IPO.“, papar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan pemerintah lewat Kemenparekraf Republik Indonesia.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atau disingkat Kemenparekraf RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan kepariwisataan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh seorang Menteri Pariwisata (Menparekraf) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 dijabat oleh Wishnutama.

Tentang Indonesia Stock Exchange (IDX)
Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka. Bursa Efek Indonesia merupakan bursa hasil penggabungan dari Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES). Demi efektivitas operasional dan transaksi, Pemerintah memutuskan untuk menggabung Bursa Efek Jakarta sebagai pasar saham dengan Bursa Efek Surabaya sebagai pasar obligasi dan derivatif menjadi BEI. Bursa hasil penggabungan ini mulai beroperasi pada 1 Desember 2007. BEI menggunakan sistem perdagangan bernama Jakarta Automated Trading System (JATS) sejak 22 Mei 1995, menggantikan sistem manual yang digunakan sebelumnya. Sejak 2 Maret 2009 sistem JATS ini sendiri telah digantikan dengan sistem baru bernama JATS-NextG. Bursa Efek Indonesia juga memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan perusahaan. Visi Bursa Efek Indonesia adalah untuk menjadi bursa yang kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia, dengan misi yaitu menyediakan infrastruktur untuk mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta mudah diakses oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholders)

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN