0

Cart

PopIt Snack® Mengikuti Pelatihan HACCP TÜV NORD dan Accelerice

Jakarta 04 Mei 2019, untuk segera dipublikasikan. – Di Indonesia, pertumbuhan industri pangan modern dan tradisional berkembang pesat sehingga diperlukan perlindungan konsumen pangan melalui jaminan mutu terhadap sistem rantai pangan. Sistem HACCP merupakan salah satu cara agar produk pangan aman dikonsumsi manusia. Hubungan HACCP dan jenis industri pangan sangat mempengaruhi pendekatan penerapan sistem HACCP yang akan dilaksanakan oleh perusahaan yang berkomitmen menerapkan prosedur jaminan mutu.

HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) merupakan sistem penerapan untuk mengidentifikasi bahaya spesifik dan melakukan pencegahan hingga pengendalian bahaya spesifik Bahan Pangan yang diproduksi dalam suatu sistem rantai pangan, mulai dari produksi pangan di lahan pertanian, penyimpanan di gudang, processing di pabrik, distribusi atau pemasaran hingga dikonsumsi oleh konsumen. Dalam sistem HACCP ini merupakan sistem manajemen keamanan pangan melalui pendekatan pengawasan titik kritis dalam penanganan pangan untuk mencegah timbulnya masalah keamanan pangan yang semakin berlarut. Setiap system HACCP mengakomodasi perubahan seperti kemajuan dalam rancangan peralatan, prosedur pengolahan atau perkembangan teknologi.

Mandiri Tunggal Sejahtera berkesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Sertifikasi Pelatihan HACCP yang diadakan oleh TÜV NORD Indonesia yang bekerjasama dengan Accelerice Indonesia. Sebagai Alumni dari Food Startup Indonesia 2018 yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Mandiri Tunggal Sejahtera sebagai pemegang merek dagang PopIt Snack mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan yang intensif lewat kelas kecil terbatas. Pelatihan ini merupakan salah satu KPI (Key Performance Indicators) perusahaan dalam menjalankan prinsip Good Manufacture Practise / Cara Pengolahan Pangan yang Baik sesuai dengan anjuran BPOM RI. Mandiri Tunggal Sejahtera menggunakan Anggaran Belanja Negara Tahun 2019 lewat program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun 2019 oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. Dimana Mandiri Tunggal Sejahtera dapat menggunakan anggaran belanja yang sudah ditetapkan untuk peningkatan sumber daya manusia salah satunya untuk mendukung Standarisasi ISO 22000 / FSCC 22000 perusahaan dikemudian hari.

Standar ISO 22000 ini memberikan harmonisasi internasional dalam bidang standar keamanan pangan, menawarkan mekanisme skematik untuk menerapkan HACCP di seluruh rantai pasokan makanan. ISO 22000 melengkapi apa yang selama ini menjadi gap antara jaminan mutu ISO 9001 dengan kemanan pangan HACCP. Bicara konsep dan sistem ISO 22000 (versi 2018) yang menerapkan Good Management Practise (GMP), seperti halnya keluarga ISO 9000, di versi 2015. Ada penerapan High Level Structure (HLS), kemudian juga penekanan pada Risk Management, konsep perbaikan berkelanjutan PDCA lifecycle, serta proses operasi yang lebih rinci dan detail. Di HACCP belum bicara mengenai continuous improvement dan kepuasan pelanggan dimana celah ini yang akan diisi oleh ISO 22000.

ISO 22000 telah dirancang untuk penerapannya di berbagai organisasi tanpa memandang besaran, sektor, dan lokasi geografis. Dapat diterapkan untuk seluruh rantai pasokan makanan, dari mulai petani, produsen, pengolah, pengepakan, hingga transportasi dan penjualan. Standar ini juga dipakai oleh pemasok produk dan jasa non-makanan seperti manufacture pembersihan dan peralatan.

Setelah melewati berbagai review dan pengujian, sudah saatnya perusahaan mengimplementasi standarisasi perusahaan dengan jaminan mutu dan standar internasional. Masih banyak tugas dan pekerjaan rumah yang harus kami laksanakan dalam pengemban program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. Setahap demi setahap perusahaan dibenahi dari hulu hingga hilir. Banyak peran dan andil dari para pihak, sebut saja TÜV NORD Indonesia, sebagai lembaga terakreditasi untuk monitoring dan audit, kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk menerapkan prinsip – prinsip dasar dalam industri pengolahan kami.“, papar Bapak Fransiscus direktur utama Mandiri Tunggal Sejahtera dalam kesempatannya pada pelatihan Sertifikasi Pelatihan HACCP tersebut.

Hal mengenai  Penetapan Penerima Pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Yang Dibiayai Oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019 dapat disimak di halaman situs resminya di tautan https://ristekdikti.go.id/pengumuman/pengumuman-penetapan-proposal-penerima-pembiayaan-program-perusahaan-pemula-berbasis-teknologi-oleh-anggaran-pendapatan-dan-belanja-negara-tahun-2019/ dan salinan ketetapan tersebut dapat diunduh disini.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang TÜV NORD Indonesia TÜV NORD Indonesia adalah salah satu Lembaga Sertifkasi, Supervisi, Inspeksi dan Pengujian terbesar di Indonesia dan di Dunia Intema.sional dengan lingkup pelayanan meliputi sertifikasi sistem manajemen ISO 900I:2008 Quality Management, ISO I400I:2004 Environmental Management, OHSAS I 800 I :2007 Health and Safety Management, HACCP, ISO 22000 Food Safety, ISO I3485 Medical Devices, ISO/TS I6949 Automotive, ISO ISO SOOOI Energy Management, ISPO, RSPO, sertifikasi produk Indonesia berda.sarkan SNI, pengujian teknik, analisa laboratorium, supervisi pemeriksaan pabrik (factory inspection), jasa pelatihan sistem manajemen dan lingkup jasa sertifikasi lainya. Dengan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman di tambah dengan tenaga ahli yang sangat ahli bidangnya dan sarana prasarana yang sangat lengkap, TUV Nord Indonesia bertekad menjadi !embaga sertifikasi terbesar yang dipercaya oleh semua jenis dunia usaha dengan memaksimalkan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Hingga saat ini telah lebih dari 25.000 sertifikat di dunia telah diterbitkan oleh TUV NORD Group yang berpusat di Jerman.

Tentang Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah : Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa. Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4. Visi utama dari Kemenristekdikti ini adalah mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang Accelerice Indonesia Accelerice merupakan akselerator perusahaan perintis di bidang makanan (food startup accelerator) yang berbasis di Indonesia yang secara resmi meluncurkan (pusat pengetahuan dan inovasi makanan (food innovation and knowledge hub). Fasilitas yang disediakan Accelerice di lokasi tersebut seperti dapur beserta peralatannya, fasilitas research and development(R&D), kafe yang dapat digunakan untuk uji coba produk, area berkumpul, co-working space, event space, reference room untuk foto produk, dan referensi kemasan produk yang disponsori oleh Toko Kemasan Kita. Accelerice juga menyediakan fasilitas bernama Toko Sebelah yang diperuntukan bagi para pelaku food startup untuk menjual produk-produknya.

Tentang Food Startup Indonesia Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menginisiasi Food Startup Indonesia (FSI) bekerjasama dengan Food Lab Indonesia, sebagai akselerator dan inkubator usaha rintisan kategori kuliner. Tujuan Food Startup Indonesia adalah untuk meningkatkan subsektor kuliner dengan menghubungkan perusahaan rintisan (startup) kuliner kepada ekosistem kuliner terpadu serta meningkatkan akses permodalan non perbankan. Persyaratan mendaftar Food Startup Indonesia (FSI) yaitu usaha kuliner telah berusia satu hingga tiga tahun, memiliki kebutuhan pendanaan tahap awal maupun berkembang, memiliki inovasi, berbasis teknologi, dan memiliki dampak sosial. Para startup kuliner Indonesia yang ingin berpartisipasi pada ekosistem FSI bisa mendaftar secara online melalui platform ini di www.foodstartupindonesia.com.

Tentang Mandiri Tunggal Sejahtera Mandiri Tunggal Sejahtera adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

Mandiri Tunggal Sejahtera  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN