Cart

PopIt Snack® Mengikuti Pelatihan Kelas Digital Entrepreneur Bidang Desain Produk Tahun 2019 Kemenkopukm RI dengan IKOPIN

Kota Bandung 04 Oktober 2019, untuk segera dipublikasikan. – Bertempat di Hotel Gumilang Kota Bandung, tanggal 03 – 06 Oktober 2019 dilaksanakan kegiatan yang difasilitasi oleh Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dengan Pusat Inkubator Bisnis IKOPIN. Tujuan kegiatan ini adalah mengarahkan dan memberikan pendalaman mengenai pentingnya desain produk atau kemasan dalam rangka menunjang pemasaran dan penjualan.

Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah. Ada juga yang menjelaskan definisi kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko. Secara bahasa dalam Wikipedia, arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.

Laporan GlobaI Entrepreneurship Monitor menunjukkan 24% masyarakat Indonesia memiliki keinginan tinggi untuk menjadi entrepreneur, khususnya dari kalangan milenial. Akan tetapi, data ini berbanding terbalik dengan data keluaran Badan Pusat Statistik 2017 yang menyimpulkan jumlah entrepreneur di Indonesia hanya mencapai 3.1% dari populasi. ”Utamanya, masih banyak entrepreneur yang belum menyadari bahwa industri ini memiliki potensi tinggi. Tak hanya itu, mereka juga belum menunjukkan ketekunan dan tekad yang gigih, kurang adaptif pada desain-desain baru yang rumit, serta produktivitas dan tingkat efisiensinya rendah dibanding negara-negara lain di Asia. Apabila tantangan ini tidak segera diatasi, maka dalam beberapa waktu ke depan Indonesia akan akan banyak dikelola oleh pelaku asing. Adaptasi pegiat desain interior perlu digiatkan melalui pelatihan dan mentoring yang tepat,”.

Desain adalah pola pikir. Itulah cara para desainer memandang dunia dan lingkungan sehari-hari. Inovasi berasal dari pola pikir ini, dan dapat digambarkan sebagai ide segar di kepala yang dikombinasikan dengan implementasi nyata. Terlepas dari segi disiplin desain, ada satu faktor umum yang menjadi inti dari semuanya. Ini tentang kita. Tentang manusia. Tidak peduli apakah itu desain industri, grafis atau digital, semuanya didorong oleh misi yang sama – untuk membuat hidup kita lebih mudah. Hanya dengan cara ini produsen dapat memberi added values jangka panjang pada pelanggan. Tim Desain harus mengerti betul pendekatan ini dan mengimplementasikannya dengan sepenuh hati.

User research sebenarnya adalah cara desainer memposisikan diri sebagai pengguna dan mengikuti jejak mereka merasakan semua halangan dan rintangan sepanjang jalan. Ini adalah cara untuk membuat desain produk digital berdasarkan empati – kemampuan untuk menempatkan diri di tempat orang lain, untuk merasakan apa yang mereka rasakan dan melihat apa yang mereka lihat. Kemampuan berharga ini memungkinkan para desainer untuk menciptakan hal-hal yang terlihat indah dan berfungsi baik, tetapi juga dapat melakukan apa yang dibutuhkan oleh pengguna tertentu. Sehingga tidak salah apabila salah satu ciri paling penting dari seorang desainer yang baik adalah empati. Peran tim desainer produk digital adalah untuk menyelesaikan masalah. Ini yang membedakan mereka dari artisan – mereka selalu bekerja dalam batasan-batasan tertentu. Seniman biasanya tidak. Dalam memulai project apapun, desainer menciptakan produk digital bukan untuk ekspresi diri, bukan untuk unjuk kreativitas pada dunia, juga bukan untuk menciptakan hal baru dan revolusioner yang akan merubah dunia. Mereka bekerja untuk memecahkan masalah pengguna, memenuhi keinginan mereka dan mencapai tujuan bisnis.

Pasar digital adalah pasar dengan produk dan perkembangan yang tidak terbatas, terlepas dari jenis platformnya. Beberapa dari mereka lebih sukses dan mendapatkan popularitas lebih dari yang lain. Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa sebagian besar produk digital yang sukses, telah menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengguna. Melakukan riset dengan maksimal saat fase persiapan meminimalisir risiko produk akhir yang mengecewakan. Jika melompati tahap ini dan hanya fokus pada desain UI, dalam banyak kasus, produk digital akan memiliki tampilan yang indah namun menawarkan user experiences yang biasa-biasa saja. Inovasi bukan hanya tentang tampilan yang cantik.

Faktanya, pengguna tidak akan datang dua kali ke produk digital jika produk itu gagal di kesan pertama. Layer-layer visual bisa menarik perhatian pengguna di pandangan pertama, namun belum tentu berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas pengguna. Pengunjung atau pelanggan yang kembali (returning visitors) lebih berharga daripada pengguna baru. Selain itu, dari segi user acquisition jauh lebih mahal untuk menarik pengguna baru dibandingkan mempertahankan yang sudah ada.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya pemegang merek dagang PopIt Snack® diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan kali ini. Perusahaan mengutus Deputy Pemasaran (Chief Marketing Officer) Ibu Nur Aida dan Tim Produksi Pemasaran Bapak Wahyuki Heriyadi untuk mendapatkan pengarahan dan bimbingan secara lanjut mengenai Kelas Digital Entrepreneur Bidang Desain Produk Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kemenkopukm RI.

Saya tidak dapat menghadiri kelas pelatihan tersebut karena harus melakukan monitoring dan evaluasi, yang merupakan pertanggung jawaban perusahaan kepada Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia dan Tim Ditjen Penguatan Inovasi Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi yaitu Dr. Ir. Endang Sulistyowati Sunaryo M.Sc selaku Reviewer dan Rugun Amelia Karolina Simanjuntak, S.Ant. Selain itu disaat yang bersamaan tim terpisah harus mengikuti pameran I3E di Jakarta Convention Center. Semuanya serentak dan memiliki perannya masing – masing. Namun saya berterima kasih kepada para pembina kami yang telah memberikan kesempatan berlangsungnya kelas pelatihan tersebut. Saya harapkan agar pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh pemerintah memberikan pandangan baru terutama kepada karyawan perusahaan, agar dapat terlatih dan terdidik secara informasi sesuai trend produk yang ada di Indonesia.“, papar Fransiscus Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Tugas dari kementrian ini berperan untuk membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan di bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kementrian-kementrian yang ada di Indonesia dibentuk dengan tujuan yang berbeda-beda. Fungsi utama suatu kementerian adalah untuk membantu pemerintah pusat yaitu presiden untuk dapat mengontrol segala sektor dari setiap aspek yang menjadi bagian dari suatu negara tersebut. Kementerian Koperasi, dan UKM dipimpin oleh seorang Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop, dan UKM) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh AAGN Puspayoga. Dengan rumusan tugasnya, Membantu Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yang meliputi koordinasi, perumusan kebijakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan penyelenggaraan pengelolaan serta pelayanan administratif kepada seluruh unsur di lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis IKOPIN (PiBI IKOPIN)
PiBi IKOPIN merupakan singkatan dari Pusat Inkubator Bisnis Ikopin, yaitu suatu lembaga swasta non-profit dan non-politis yang berada di lingkungan Ikopin, dan bergerak di bidang jasa pelayanan manajemen bisnis dan pembinaan bagi Pengusaha Kecil Menengah – Koperasi, serta calon Wirausaha baru dan Masyarakan Dunia Usaha pada umumnya. Sedangkan IKOPIN merupakan singkatan dari Institut Manajemen Koperasi Indonesia, yaitu suatu Lembaga Perguruan Tinggi Swasta satu-satunya di Indonesia yang memiliki fokus dan kekhususan di bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Koperasi. Persiapan kelembagaan Inkubator Bisnis di IKOPIN sudah dimulai sejak tahun 1994. Setelah melakukan studi banding dan studi literatur tentang konsepsi Inkubator Bisnis ke berbagai tempat dalam dan luar negeri, maka disusun suatu Model Pendekatan Inkubator Bisnis yang Baku dan Sistimastis seperti yang selama ini dilakukan PiBi IKOPIN. Setelah melalui masa persiapannya yang cukup panjang, kemudian secara resmi PiBi IKOPIN didirikan pada tanggal 1 Agustus 1995 berdasarkan Surat Keputusan Rektor IKOPIN: Nomor 056/Kept-Rektor/VIII/95 dan sekaligus diangkat seorang pelaksananya dengan jabatan Direktur. Berdasarkan kenyataan dan alasan tersebut di atas, IKOPIN yang selalu inovatif dan kreatif dalam Program Pembinaan UKM dan Koperasi mencoba suatu alternatif Model Pendekatan Baru dalam membina UKM dan Koperasi, yaitu Model Pendekatan Inkubator Bisnis.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN