fbpx

PopIt Snack® Mengikuti Pelatihan Lanjutan Produk Sertifikasi Halal Bersama BPJPH

PopIt Snack® Mengikuti Pelatihan Lanjutan Ketentuan Regulasi Terkait Produk Wajib Bersertifikat Halal Bersama BPJPH

Kabupaten Bandung 02 Desember 2020, untuk segera dipublikasikan. – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menyebut sertifikasi halal merupakan sebuah perpaduan antara agama dan sains dalam berbagai produk yang dipakai oleh Muslim.

Sertifikasi halal menggabungkan keduanya, yaitu istilah halalan thayyiban. Halal tidak hanya menyangkut ranah agama, tapi juga ranah sains,” kata Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Mastuki dalam jumpa pers daring di Jakarta.

Ia mengatakan dalam proses keluarnya sertifikasi halal melibatkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sementara BPJPH menjadi otoritas yang mengatur lalu lintas sertifikasi halal, seperti di urusan registrasi dan administrasi. Mastuki mengatakan secara singkat sertifikasi halal melibatkan tiga aktor penting yang terlibat, yakni BPJPH, LPH dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). LPH, kata dia, akan menjadi penyelia yang memeriksa dan mengaudit kehalalan produk yang sedang diajukan sertifikasinya. Selanjutnya MUI akan menggelar sidang fatwa terhadap produk terkait untuk ditetapkan halal atau tidak halal.  Unsur halal suatu produk, kata dia, banyak terkait dengan fikih sementara kebaikan (toyib) adalah menyangkut sains.

Dalam suatu makanan minuman, setidaknya ada mazhab fiqih dan mazhab sains. Tapi soal fikih dan sains ini dalam urusan halal menyatu,” katanya.

Pengajuan sertifikasi halal kini tidak lagi ditangani oleh MUI, melainkan dialihkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag melalui Kanwil di tingkat provinsi terhitung tanggal 17 Oktober. Meski demikian, MUI masih berwenang untuk menilai produk yang halal maupun tidak. Dengan demikian, bagi pelaku usaha di Jabar yang hendak mengurusi sertifikasi halal dapat mendatangi langsung Kantor Kanwil Kemenag Jabar di Kecamatan Andir. Sementara itu, di dalam ruangan ada beberapa petugas yang masih memberi layanan kepada warga.

Tapi sering ada yang ke sini. Hari ini juga masih ada ke sini terus karena belum ada kepastian. Tadi LPPOM datang ke sini (ruangan Rafani) dan saya perintahkan udah terima aja dulu soalnya kasihan masyarakat. Nanti saya beritahukan ke Kanwil Kemenag Jabar,” kata dia di ruangannya.

Hari ini PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya mengikuti pelatihan dan sosialisasi mengenai pendaftaran halal maupun pendaftaran ulang untuk produk perusahaan. Seperti yang diketahui bahwa ada perubahan regulasi dimana pendaftaran dipegang oleh BPJPH bukan MUI lagi.

Saya mencoba menyimak dasar dan mekanisme pendaftaran melalui BPJPH, semuanya sama kok seperti prosedur LPPOM MUI lalu. Hanya saat pengajuan dipegang oleh badan dan lembaga terpisah. Harapannya dengan mengikuti pelatihan lanjutan ini, kami sebagai pelaku usaha menjadi lebih paham mengenai regulasi maupun ketentuan lain yang diperlukan. Terlebih sertifikat halal ini sedang dikembangkan untuk kerjasama internasional dalam bidang JPH.“, papar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (disingkat BPJPH) adalah salah satu unsur pendukung di Kementerian Agama Republik Indonesia yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Agama yang bertugas melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan dipimpin oleh Kepala Badan.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN