fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Mengikuti Peluncuran Startup4Industry Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

PopIt Snack® Mengikuti Peluncuran Startup4Industry 2020 dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 14 Oktober 2020, untuk segera dipublikasikan. – Startup4industry, Merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan industri / masyarakat. Tahun 2020, Startup4industry mengambil tema “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri” sebagai salah satu langkah menuju Indonesia mandiri dan upaya menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Sesi Seminar Nasional Startup4industry “STARTUP, TECH PROVIDER 4 INDUSTRY DI ERA KENORMALAN BARU” dengan narasumber Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, selaku Menteri Perindustrian RI, Ibu Gati Wibawaningsih, selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin RI,  Bapak Ilham Akbar Habibie selaku Ketua Tim Pelaksana Wantiknas,  Ibu Phillia Wibowo selaku Managing Partner McKinsey and Company Indonesia, Bapak Dwi Satriyo Annurogo selaku Direktur Utama PT. Petrokimia Gresik. Sementara sesi Talkshow Startup4industry lain dalam rangkaian acara ini dengan tajuk “STARTUP VS BIG INDUSTRY, Disrupting or Empowering the Giant ?” dinarasumberi oleh PT. Schneider Indonesia,  PT. Samsung Electronics Indonesia, Neurabot,  Machine Vision, Run System, dan Indmira Group.

Dampak penyebaran masif virus corona (COVID-19) di Indonesia telah menekan segala bidang perekonomian, tak terkecuali sektor manufaktur. Aktivitas manufaktur di Tanah Air menurun dengan laju tercepat pada bulan Maret, menyusul penurunan output dan permintaan baru karena penutupan pabrik dan banjir yang mengganggu rantai pasokan. Berdasarkan survei IHS Markit yang dirilis Rabu (1/4/2020), indeks manajer pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) sektor manufaktur anjlok ke posisi 45,3 pada bulan Maret dari level 51,9 pada Februari.

Pada saat bersamaan, penutupan pabrik juga menyeret produksi turun. IHS Markit mencatat adanya penurunan penumpukan produksi selama enam bulan berturut-turut pada bulan Maret. Penurunan aktivitas ini juga dibarengi dengan penurunan permintaan, yang mendorong perusahaan mengurangi  aktivitas pembelian barang modal dengan laju tercepat dalam sejarah survei. “Survei ini menggarisbawahi bagaimana pandemi global berdampak pada perekonomian Indonesia. Kemungkinan pengetatan dalam upaya penanggulangan penyebaran COVID-19 juga mencancam kinerja pada kuartal kedua,” ungkap Kepala ekonom IHS Markti, Bernard Aw.

Kemenperin dalam mendukung gerakan Making Indonesia 4.0 menyelenggarakan program Startup4Industry. Program ini diselenggarakan bagi para pelaku industri, terutama Industri Kecil Menengah (IKM) dan tech startup atau startup teknologi di Indonesia. Kemenperin sendiri berperan sebagai jembatan antara kebutuhan teknologi dan penyedia teknologi 4.0 dalam program ini.

Startup4Industry diadakan dengan maksud untuk membentuk ekosistem solusi teknologi bagi industri dan masyarakat, serta menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider atau penyedia teknologi.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengakselerasi startup sebagai technology problem solver bagi industri dan masyarakat. Startup4Industry juga memiliki tujuan untuk melakukan implementasi teknologi di industri, khususnya IKM dan mensosialisasikan penggunaan teknologi buatan Indonesia.

Program Startup4Industry yang digagas Kemenperin ini terdiri atas lima acara, yaitu kompetisi, diskusi solutif, tech link, webinar, serta workshop. Kompetisi pada Startup4Industry ditujukan untuk para pelaku tech startup. Kompetisi ini berbasis pemecahan permasalahan industri di kalangan masyarakat dengan menggunakan teknologi 4.0. Pada kompetisi ini diberikan tiga jenis permasalahan yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu e-commerce enabler, efisien manufaktur, dan masa adaptasi kebiasaan baru. Kompetisi Startup4Industry sendiri membuka pendaftaran bagi para startup yang ingin berpartisipasi dari 3 Oktober 2020-3 November 2020. Pada acara diskusi solutif, dilaksanakan diskusi antara problem owner atau pemilik yang bermasalah dengan tech startup sebagai penyedia solusi. Diskusi ini juga melibatkan stakeholder terkait dengan tujuan memvalidasi masalah serta mencari solusi yang tepat. Pada diskusi solutif, problem owner melakukan penggalian permasalahan serta mengidentifikasi keterkaitan permasalahan tersebut, kemudian stakeholder terkait akan menganalisa dan memvalidasi permasalahan serta menganalisis keterkaitan stakeholder pula terhadap permasalahan yang ditemui. Setelah melakukan analisis permasalahan, startup akan melakukan penyampaian solusi atas permasalahan tersebut, kemudian dilakukan perumusan hasil diskusi berisi tanggapan terhadap solusi serta tindak lanjut terhadap permasalahan.

Kami mendapatkan undangan untuk mengikuti peluncuran Startup4Industry dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Adapun sisi lain, perusahaan memposisikan diri sebagai food accelator dan enabler. Maksudnya, kami membantu UKM lain dalam hal memasarkan produknya dan juga memproduksi. Seperti yang dikatakan ibu Gati Wibawaningsih tadi, perusahaan harus komit dan konsisten untuk menerapkan penggunaan teknologi sebagai tidak lanjut dari industri indonesia 4.0. TIK merupakan salah satu sarana dimana dimasa pandemik ini para UKM dapat terbantu dan menjadi problem solver bagi industri dan masyarakat. CloudKitchen kami contohnya, yang sedang kami persiapkan, untuk menghimpun pelaku industri sejenis yang memiliki kendala dalam faktor rumah produksi. Rumah produksi bersama menjadi solusi dalam kendala yang dihadapi oleh UKM. Kami juga melengkapi sedikit demi sedikit IoT dan pengimplementasian digitalisasi baik itu untuk human resource hingga pemasaran.“, papar Fransiscus Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya disela-sela seminar online peluncuran Startup4Industry.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Perindustrian Republik Indonesia
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia disingkat Kemenperin RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh menteri yang sejak tanggal 27 Juli 2016 dijabat oleh Airlangga Hartarto.

Tentang Startup4Industry
“Startup4industry” merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan industri / masyarakat. Tahun 2020, Startup4industry mengambil tema “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri” sebagai salah satu langkah menuju Indonesia mandiri dan upaya menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN