0

Cart

PopIt Snack® Mengikuti Program PPBT Business Camp 2019 Kemenristekdikti

Jakarta 09 April 2019, untuk segera dipublikasikan. – Menghadapi tantangan industri yang semakin komplek dan kompetitif. Dalam era Revolusi lndustri 4.0 ini, inovasi teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul adalah kunci utama menentukan daya saing bangsa. Revolusi Industri 4.0 merupakan babak baru era industri yang akan lebih banyak melibatkan teknologi. canggih. Revolusi Industri 4.0 antara lain kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), teknologi robotika, realitas maya (Virtual Reality), hingga mesin cetak tiga dimensi (3D). Tantangan revolusi industri ini wajib direspon oleh berbagai pihak secara tepat dan cepat guna meningkatkan daya saing Indonesia di kancah persaingan global.

Dari satu sisi lain, dalam satu dekade ini startup teknologi menjadi primadona baru di dunia industri Indonesia. Hampir setiap tahun banyak tumbuh startup dari berbagai bidang teknologi, bahkan mungkin saat ini jumlahnya sudah mencapai ribuan startup. Hal ini penting untuk menjadi perhatian semua pihak, khususnya pemerintah, karena fenomena munculnya perusahaan rintisan ini diyakini dapat meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi bangsa, melalui pembukaan lapangan kerja, pemasukan pajak, transfer teknologi, dan penciptaan inovasi teknologi, yang menjawab dan mempermudah berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Dalam rangka menghadapi era Revolusi Industri 4.0, dan untuk menumbuhkembangkan perusahaan-perusahaan pemula berbasis teknologi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengoptimalkan instrumen kebijakan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), bagi perusahaan rintisan/startup teknologi melalui proses inkubasi oleh Lembaga Inkubator Bisnis. Program yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi melalui Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini telah berjalan sejak tahun 2015.

Mandiri Tunggal Sejahtera lewat salah satu merek dagangnya, PopIt Snack telah berhasil ditetapkan sebagai penerima dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara lewat Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi dalam program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun 2019. Program PPBT merupakan skema pendanaan untuk startup teknologi. lnkubasi bisnis merupakan suatu proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan yang diberikan oleh lembaga inkubator kcpada tenannya. Oleh karenanya, program PPBT. Diharapkan mampu untuk meningkatkan daya saing perusahaan pemula berbasis teknologi di Indonesia, sehingga mampu bertahan dan berkembang di pasar domestik ataupun global.

Pada pelaksanaan program PPBT Tahun 2019, Kemenristekdikti mendukung pelaksanaan pelatihan PPBT Business Camp sebagai salah satu rangkaian kegiatan Program PPBT, yang pemanfaatan dananya telah tercantum dalam Rencana Anggaran Belanja Tenant dan Inkubator. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan skill kepada para pendamping tenant dari inkubator binis dan tenantnya yang akan melaksanakan kegiatan inkubasi bisnis selama 8 bulan kedepan. PPBT Business Camp 2019 ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 9 s.d. 13 April 2019 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, diikuti seluruh peserta yang telah ditetapkan dalam program PPBT Tahun 2019 dari seluruh Indonesia. Para peserta ini terdiri dari pendamping inkubator dan tenant yang merupakan penerima pendanaan program PPBT 2019. Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan materi yang mencakup motivasi berwirausaha, konsep dan praktek inkubator bisnis teknologi bagi pendamping inkubator, pembuatan business plan, strategi pitching, pemasaran, pengelolaan keuangan, dan kemampuan teknis lainnya untuk menunjang pengembangan bisnis. Diharapkan PPBT Business Camp ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta, yang kemudian dapat menjadi wirausaha berbasis teknologi yang mandiri dan berdaya saing.

Disela sela PPBT Business Camp Tahun 2019 ini, juga digelar Indonesian Startup Summit. Indonesia Startup Summit (ISS) 2019 di Jakarta International Expo pada Rabu (10/4). ISS 2019 dihadiri lebih kurang 5.000 peserta dan menampilkan enam puluh startup karya generasi milenial terbaik Indonesia. Menristekdikti menghadiri ISS 2019 dengan mengendarai motor listrik Gesits, salah satu startup kebanggaan tanah air karya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan diproduksi PT. Wijaya Manufakturing. Menristekdikti didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe dan Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti melakukan uji coba motor listrik Gesits yang rencananya akan diluncurkan secara resmi pada bulan April ini.

Dalam sambutannya Menristekdikti menyampaikan bahwa geliat startup di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat dalam kurun waktu 4-5 tahun terakhir. Menristekdikti mengatakan Kemenristekdikti membina lebih kurang 1.307 startup dari berbagai bidang fokus. Jumlah tersebut terus meningkat dari tahun 2015 lalu yang hanya 52 startup. Saat ini jumlah startup di Indonesia berada pada peringkat pertama di ASEAN.

Jadi, Indonesia menjadi nomor satu di Asia Tenggara di bidang startup. Sedangkan di dunia kita urutan ke lima pada bidang startup. Indonesia masuk ranking lima dunia dari startupnya,” ujarnya. Selama lima tahun terakhir, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang dibiayai dan dibimbing oleh Kemenristekdikti tidak membatasi pengembangan startup di Indonesia pada bidang teknologi informasi saja mengikuti tren yang banyak dikembangkan oleh perusahaan maupun lembaga lain. Terdapat tujuh bidang fokus di luar teknologi informasi, yang tenants atau peserta inkubasi bisnis Kemenristekdikti ikuti.

Bidang-bidang apa saja yang kami lakukan, satu di bidang pangan dan pertanian. Ini luar biasa. Startup-startupnya sudah bagus. Kedua di bidang obat-obatan. Yang ketiga teknologi informasi. Keempat transportasi, kita bisa menghasilkan transportasi darat, yaitu motor listrik yang disebut Gesits. Ini adalah prinsipal pertama kali di Indonesia dalam sejarah. Kalau kita sebut motor listrik, sebut saja Gesits. Kalau kita sebut Gesits, pasti orang ingat motor listrik,” ungkap Menristekdikti.

Indonesia Startup Summit ini tonggak startup yang kita bangun di Indonesia harus menggerakkan ekonomi di Indonesia berbasis riset dan teknologi. Saya berterima kasih kepada para startup. Mudah-mudahan para startup ke depan semakin sukses, mampu menggerakkan ekonomi. Mudah-mudahan dari sini ke depan Anda punya ‘silent hope’ untuk menjadi perusahaan besar di Indonesia,” papar Nasir.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe dalam sambutannya mengatakan para startup yang diundang ke Indonesia Startup Summit 2019 dilatih dalam PPBT Booth Camp 2019 dalam merancang strategi pengembangan bisnis. Mayoritas generasi milenial yang hadir tersebut dimotivasi untuk mampu membawa produknya menuju pasar. Mereka juga dilatih tentang aspek legal, branding, design thinking, dan model bisnis. Kemenristekdikti menargetkan mereka mampu mensinergikan proses inovasi yang efektif dengan aspek komersial.

Indonesia Startup Summit ini kita laksanakan dalam rangka melakukan komunikasi dan jejaring antara para inovator, para pengusaha, para industrialis, dan para investor dalam rangka kita mengembangkan kemampuan bangsa kita dari hasil penelitian dan pengembangan yang melahirkan berbagai teknologi dan inovasi kemudian dihilirisasi menjadi suatu usaha yang diharapkan dapat menjadi atau meleverasi perekonomian nasional di masa yang akan datang,” ungkap Jumain.

Hal mengenai  Penetapan Penerima Pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Yang Dibiayai Oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019 dapat disimak di halaman situs resminya di tautan https://ristekdikti.go.id/pengumuman/pengumuman-penetapan-proposal-penerima-pembiayaan-program-perusahaan-pemula-berbasis-teknologi-oleh-anggaran-pendapatan-dan-belanja-negara-tahun-2019/ dan salinan ketetapan tersebut dapat diunduh disini.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah : Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa. Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4. Visi utama dari Kemenristekdikti ini adalah mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjadjaran
Oorange sebagai divisi inkubator Kawasan Sains dan Teknologi Unpad diketuai oleh Ibu Diana Sari, M.Mgt., PhD, Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha. Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu dari 5 universitas di Indonesia yang memiliki kawasan penelitian. Tidak hanya memajukan penelitian Indonesia, kawasan ini dapat menjadi inspirasi memunculkan usaha baru yang berbasis pendidikan melalui hasil penelitian. Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, pusat inkubator bisnis UNPAD, Oorange menyediakan sejumlah pembiayaan dari UNPAD, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange itu sendiri.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang Mandiri Tunggal Sejahtera
Mandiri Tunggal Sejahtera adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

Mandiri Tunggal Sejahtera  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN