fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Mengikuti Webinar Fintech Making Indonesia 4.0 Startup4Industry Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

PopIt Snack® Mengikuti Seminar Online Making Indonesia 4.0 Akses Digital Finansial Tech Link Dalam Rangkaian Startup4Industry 2020 dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 23 Oktober 2020, untuk segera dipublikasikan. – Tech Link adalah salah satu program dari Startup4industry yang merupakan forum TEMU BISNIS antara startup sebagai tech provider dengan industri, khususnya IKM, serta dunia usaha khususnya dengan pelaku financial tech (fintech) startup.

Tumbuhnya para fintech di Indonesia membuat banyak opsi serta kemudahan untuk masyarakat dalam melakukan transaksi finansial dan tentunya untuk meningkatkan literasi keuangan. Di Indonesia, fintech mengalami perkembangan yang cukup merata di berbagai sektor mulai pembayaran, perencanaan keuangan, pembiayaan hingga pinjaman atau lending. Kemunculan berbagai macam fintech ini juga dibarengi dengan banyaknya perusahaan fintech yang sudah berkembang cukup pesat di Indonesia.

Salah satu fintech yang sangat berguna bagi masyarakat juga adalah Crowdfunding, sebagai salah satu bentuk pendanaan yang modalnya berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul ini nantinya akan diberikan untuk para pelaku bisnis untuk menunjang bisnis miliknya. Namun, Crowdfunding tidak hanya untuk bisnis salah satu portal Crowdfunding seperti kitabisa ini adalah sebuah platform yang mengumpulkan dana untuk kebutuhan sosial.

Jika pemanfaatannya dioptimalkan, keberadaan layanan fintech dapat mendorong kemampuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendapatkan akses pendanaan, mendorong pemerataan tingkat kesejahteraan penduduk, membantu pemenuhan kebutuhan pembiayaan dalam negeri yang masih sangat besar, serta meningkatkan inklusi keuangan.

Terdapat beberapa layanan yang disediakan oleh perusahaan fintech, di Indonesia yaitu pinjaman (lending), pembayaran, perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, dan riset keuangan. Berdasarkan data dari Asosiasi Fintech Indonesia, mayoritas perusahaan fintech saat ini bergerak di bidang peer to peer lending (P2P lending) atau pinjaman langsung.

Khususnya bagi layanan pinjaman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator telah mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, pastinya dalam rangka menjaga kepentingan konsumen agar tetap terlindungi. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa setiap fintech penyelenggara P2P lending harus mendaftar dan memperoleh izin paling lambat pada Juni 2017, dan memiliki modal perusahaan sebesar Rp1 miliar dan Rp2,5 miliar setelah pengajuan izin. Sehingga, tidak sembarang perusahaan yang bisa menyelenggarakan bisnis fintech.

Setiap perusahaan fintech diwajibkan untuk melindungi data dan informasi pribadi penerima dana dan investor (pengguna jasa) dan memperlakukan mereka semua secara adil. Apabila terjadi sengketa, perusahaan fintech juga wajib menyelesaikannya secara sederhana, cepat, dan biaya ringan tanpa mengenakan biaya pengaduan kepada pengguna. Layanan fintech juga mengedepankan transparansi, karena setiap perjanjian yang dilakukan harus dituangkan dalam sebuah dokumen elektronik, serta perusahaan fintech diwajibkan untuk menyediakan akses informasi kepada investor atas penggunaan dananya

Pendanaan dapat dilakukan dari banyak hal, salah satunya teknologi finansial. Kali ini membahas beberapa opsi yang mempermudah para pelaku UMKM dalam mendapatkan pendanaan. Saya merasa sosialisasi seperti ini harus banyak diberikan kepada masyarakat ataupun usaha rintisan. Bahwa masih banyak opsi bagaimana pelaku dipermudah dalam hal pendanaan, tentunya harus melewati beberapa kriteria seperti legalitas usaha dan kewajiban pelaporan, terutama pajak dan rekap transaksi sebagai bukti arus kas suatu entitas usaha.“, ujar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Perindustrian Republik Indonesia
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia disingkat Kemenperin RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh menteri yang sejak tanggal 27 Juli 2016 dijabat oleh Airlangga Hartarto.

Tentang Startup4Industry
“Startup4industry” merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan industri / masyarakat. Tahun 2020, Startup4industry mengambil tema “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri” sebagai salah satu langkah menuju Indonesia mandiri dan upaya menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN