fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Mengikuti Webinar Smart Village Making Indonesia 4.0 Startup4Industry Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

PopIt Snack® Mengikuti Seminar Online Making Indonesia 4.0 Gambaran Smart Sentra Desa Dalam Rangkaian Startup4Industry 2020 dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 04 November 2020, untuk segera dipublikasikan. – Badan usaha milik desa (atau diakronimkan menjadi Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa.

Kemudahan administrasi dan pelayanan desa berbasisi Android ( Mobile Apps ), dengan basis digital semua layanan administrasi tanpa batas tinggal klik di Smartphone anda. Smart Desa 4.0 menyediakan 57 ijin dan layanan default yang semuanya dalam satu sentuhan jari saja. Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan desa percontohan pengembangan Smart Village Nusantara di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (1/10). Turut hadir dalam peresmian tersebut Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali, Komisaris Independen Telkom Marsudi Wahyu Kisworo, dan Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara. Smart Village Nusantara merupakan wujud dukungan Telkom terhadap Pemerintah dalam membangun Indonesia dari potensi di desa-desa dengan mendukung pengembangan ekosistem desa digital demi ekonomi desa yang berkelanjutan.

Pengembangan Desa Kemuning sebagai desa percontohan Smart Village Nusantara di Jawa Tengah ini memberikan kekuatan khusus bagi desa tersebut untuk dapat menjadi desa yang lebih powerful dalam pemanfaatan ICT untuk pembangunan desa dan masyarakatnya. Dukungan infrastruktur dan jaringan akses serta berbagai solusi dan aplikasi yang digelar diyakini dapat mendorong pengembangan dan penerapan desa digital dengan maksimal khususnya untuk sektor pemerintahan, ekonomi, dan sosial. Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa (Simpeldesa), User Central Management (UCM), Dashboard Desa, Elektronik Monitoring dan Evaluasi (E-Monev), e-Puskesmas, e-Posyandu, Pustaka Digital (PaDi), Bioskop Desa, Kasir Digital (iKas dan Bonum), e-Loket / Electronic Point of Sales (E-POS) dan Cashless Payment melalui QRen dan LinkAja! akan diimplementasikan untuk dapat mewujudkan Desa Kemuning sebagai desa yang mandiri dan semakin menyejahterakan warganya.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menargetkan 6000 pelaku industri kecil menengah (IKM) menguasai e-smart, guna meningkatkan pemasaran dan ekspor kerajinan khas daerah. Industri 4.0 dengan prinsip digitalisasi, artificial intelligent, dan internet of things untuk desa terbelakang sudah terbilang cukup tepat sasaran. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia (RI), melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) meresmikan Material Center Perkakas Pertanian di Kabupaten Bandung. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin RI Gati Wibawaningsih mengungkapkan, kehadiran Material Center tersebut, diharapkan memberikan kemudahan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) logam dalam mengakses bahan baku.

Ini upaya strategis dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku yang berkelanjutan dan berkualitas bagi sektor IKM logam. IKM logam merupakan bagian dari rantai pasok industri nasional yang harus terus kita perkuat,” imbuh Gati Wibawaningsih di sela-sela acara peresmian Material Center Perkakas Pertanian di Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu.

Selama setahun ke depan pihaknya akan mendampingi, agar produksi cangkul Desa Mekarmaju dapat sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Penjual produknya yaitu PT. Kawan Lama Sejahtera, nanti menargetkan sebanyak 1.200 unit per dua minggu. Bahan baku akan disuplai dari PT. Hanjaya Putra ke Material Center, dipotong lalu diserahkan ke IKM untuk dilas. Kemudian balik lagi ke Material Center untuk diembos SNI. Selain cangkul, ke depannya akan diproduksi sekop, sabit dan garu, beber Gati.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung H. Teddy Kusdiana mengatakan, dengan ditunjuknya Kabupaten Bandung sebagai salah satu lokasi sentra utama IKM produsen cangkul di Jawa Barat, tentunya patut diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. “Intervensi dari pusat ini tentunya harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baikny. Hadirnya material center, merupakan jawaban untuk memenuhi kebutuhan bahan baku alat perkakas pertanian bagi para pelaku IKM,” ucap sekda.

Dengan telah adanya pihak supplier dan pembeli, terang sekda, tantangan yang dihadapi para pelaku IKM adalah memproduksi sesuai dengan standar dan mutu yang diharapkan. “Produksinya harus memenuhi standar. Pilot project ini tantangan untuk BUMDes Mekarjaya, diharapkan dapat diimplementasikan juga di sentra IKM logam lainnya,” harap Teddy.

Smart desa yang dikelola oleh lumbung desa (Bumdes), dapat menjadi media yang baik untuk pencarian bahan baku komoditas tertentu khususnya untuk industri manufaktur. Kami melihatnya sebagai hal yang positif. Potensi dari desa atau wilayah dapat dilihat dari masing masing desa, sehingga ketika perusahaan membutuhkan nilai komodasi tertentu akan lebih mudah untuk didapat. Tadi ArafaTea mengatakan bahwa semuanya dapat dipantau oleh pihak buyer, dengan berkolaborasi dengan generasi muda, semuanya akan dimudahkan.“, ucap Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Perindustrian Republik Indonesia
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia disingkat Kemenperin RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh menteri yang sejak tanggal 27 Juli 2016 dijabat oleh Airlangga Hartarto.

Tentang Startup4Industry
“Startup4industry” merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan industri / masyarakat. Tahun 2020, Startup4industry mengambil tema “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri” sebagai salah satu langkah menuju Indonesia mandiri dan upaya menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN