fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Mengikuti Webinar Pemanfaatan IOT dalam Industri Making Indonesia 4.0 Startup4Industry Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

PopIt Snack® Mengikuti Seminar Online Making Indonesia 4.0 Industri Hadapi Pandemi Dengan Teknologi IoT Dalam Rangkaian Startup4Industry 2020 dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 21 Oktober 2020, untuk segera dipublikasikan. – Pernahkah anda membayangkan, Bahwa teknologi yang sebelumnya cuma ada di Film – Film kini telah hadir dan banyak digunakan? Hanya dengan perintah suara kita bisa mematikan dan menyalakan lampu atau alat elektronik lainnya, kita bisa memantau kondisi rumah bahkan pabrik hanya dari smartphone. Segala sesuatu yang hanya dibayangkan kini dengan Internet Of Things (IoT), Semua itu bisa menjadi kenyataan. Pada masa sekarang, kebutuhan akan IoT semakin meningkat. Adaptasi kebiasaan baru yang mengharuskan antar manusia menjaga jarak membuat kita menjadi tergantung pada teknologi terutama internet.⁣

Acara ini dinarasumberi oleh Ibu Ratna Utarianingrum sebagai Plt. Direktur IKM Logam, Mesin, Eketronika, dan Alat Angkat Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Ibu Fita Indah Maulani sebagai Sekeretaris Jenderal Asosiasi Internet of Things Indonesia, Bapak Andri Yadi sebagai cofounder dan CEO DycodeX, dan Bapak Riaji sebagai CMO MSMD.

Internet of Things (IoT) menjadi sistem integrasi dari jaringan penghubung antar perangkat (internet) yang menghasilkan kode atau data yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia. Dikutip dari Internet, Founder & CEO PT MIOTA Internasional Teknologi (MIOTA) , Moshe Panjaitan, menyebutkan, “Besarnya koneksi perangkat yang terhubung dengan internet telah mendorong IoT untuk dapat diadopsi kedalam berbagai industri. untuk Miota sendiri berfokus pada MIOTA City atau smart city yang mengintegrasikan solusi end-to-end managed services mulai dari layanan hardware, desain hardware, firmware, sofware dan konektivitas yang ditujukan untuk mendorong efisiensi dan transparansi dengan mengubah jpekerjaan manual menjadi digital.“.

Industri Cloud cukup beruntung saat pandemi, karena lonjakan permintaan yang terjadi secara tiba-tiba. Microsoft misalnya, melaporkan lonjakan permintaan layanan Cloud hingga 775% saat pandemi Covid-19. Pasca Covid-19 atau saat New Normal, teknologi Cloud kemungkinan akan menerima lonjakan implementasi di semua jenis aplikasi. Misalnya, pada metode pembelajaran online yang mengharuskan siswa maupun pendidik menggunakan layanan video conference berbasis Cloud. Layanan serupa juga dilakukan perusahaan di lintas industri. Ke depannya, lembaga pendidikan hingga beragam bisnis akan cenderung terus memanfaatkan teknologi Cloud. Ketika permintaan untuk Cloud bertambah, implementasinya ke ranah mobile demi akses yang lebih mudah akan menjadi kunci semakin berkembangnya layanan Cloud.

IoT memungkinkan pemerintah daerah untuk memprediksi daerah mana saja yang akan terdampak banjir . Teknologi IoT juga memungkinkan adanya alat pintar yang dapat mendeteksi apakah sebuah makanan sehat atau tidak. Statista menyebutkan, pada 2019 ada sekitar 26 miliar perangkat IoT dan diperkirakan jumlahnya meningkat 30,73 miliar pada 2020 hingga 75,44 miliar pada 2025. IoT akan mengubah pengalaman pengguna secara mendalam, memberikan peluang yang sebelumnya dianggap tidak mungkin terjadi. Dikarenakan pandemi, di mana orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, perangkat IoT akan mendapatkan tempatnya. Berkat fiturnya yang dapat memudahkan kehidupan orang-orang dalam kehidupannya sehari-hari, perangkat IoT menjadi hal yang trendi. Satu contoh di mana IoT membantu masyarakat di saat pandemi atau New Normal di Indonesia adalah perangkat telemedik yang dapat membantu memonitor indikator kesehatan seseorang.

Pemanfaatan IoT diruang lingkup area kerja perusahaan ini dilakukan secara mendasar, simple tepatnya. Alarm tanda bahaya, pengecheckan suhu ruangan, ini pun merupakan penerapan teknologi. IoT lain adalah bagaimana sistem dapat melakukan pengecekan barang keluar dan yang masuk, agar semua tercatat dengan rapi dan jelas. Banyak pelaku UMKM yang berfikir teknologi dan hal ini merupakan hal yang mahal, sebenarnya mereka dapat menghemat cost, memang kita harus investasi diawal, tapi sepadan dengan fungsi dan goal atau tujuan kita. Bila kita mampu menginvestasi barang seperti smartwatch untuk kepentingan pribadi kita, kenapa tidak mengimplementasi dalam bisnis dan usaha yang kita jalankan. Smartwatch itu pun merupakan jenis IoT yang mendeteksi pergerakan dan kesehatan kita. Gunakan teknologi dan penerapanya secara bijak dan terukur, kalau tidak Anda akan tertinggal dalam persaingan bisnis.“, ujar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dalam mengikuti webinar kali ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Perindustrian Republik Indonesia
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia disingkat Kemenperin RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh menteri yang sejak tanggal 27 Juli 2016 dijabat oleh Airlangga Hartarto.

Tentang Startup4Industry
“Startup4industry” merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan industri / masyarakat. Tahun 2020, Startup4industry mengambil tema “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri” sebagai salah satu langkah menuju Indonesia mandiri dan upaya menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN