fbpx

PopIt Snack® Mengikuti Seminar Online Making Indonesia 4.0 Membangun Solusi IoT untuk Industry Dalam Rangkaian Startup4Industry 2020 dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia

Kabupaten Bandung 04 November 2020, untuk segera dipublikasikan. – Implementasi Internet of Things (IoT) bisa menjadi salah satu solusi permasalahan social distancing dalam pandemi Covid-19. Implementasi IoT minimalisir kontak antar manusia. Narasumber acara kali ini oleh Ir. E. Ratna Utarianingrum, M.Si selaku Plt Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kemenperin, Fita Maulani sebagai Sekretaris Jendreal Asosiasi IoT Indonesia, Bapak Tegus Prasetya sebagai Direktur Utama PT. Alta Praya Mitra, Bapak Didi Setiadi perwakilan PT. Prasimax Inovasi Teknolog, dan Bapak Idham Pemenang Juara 2 Kompetisi IoT Maker Creation 2020.

Implementasi teknologi Internet of Things (IoT) di Indonesia menunjukkan potensi yang luar biasa, mulai dari perangkat yang mempermudah kehidupan sehari-hari, hingga solusi yang mampu memecahkan masalah berskala industri. Salah satunya ditunjukkan oleh Telkomsel yang telah meluncurkan Intank (Intelligent Tank Monitoring System), solusi industrial untuk fuel management berbasis IoT.

Dalam IoT, selain software ada pula komponen hardware dan firmware yang dibutuhkan. Jadi, tantangan utamanya adalah menemukan hardware yang tepat. Dalam contoh Intank, menemukan hardware dan sensor yang tepat, memiliki presisi yang tinggi serta cost effective serta measurement tool yang akurat. Iterasinya juga membutuhkan waktu lebih lama, bisa sampai 6 sampai 10 kali, dan pastinya membutuhkan lebih banyak biaya untuk melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, dari awal kita harus mengetahui ketersediaan hardware yang kita butuhkan di pasaran. Jika sudah banyak tersedia, tinggal kita pilih berdasarkan kualitasnya, lalu cari supplier atau pemasoknya. Barulah kita dapat membangun sistem ICT dan membuatnya secara online. Namun jika hardware-nya belum tersedia di pasaran, akan lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk mendesain dan menciptakan hardware tersebut dari nol. Untuk contoh Intank, kebetulan sensornya sudah banyak tersedia di pasaran, dan kami pilih yang paling tinggi kualitasnya.

Direktur Jenderal Aplikasi Teknologi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel A. Pangerapan, pun pernah mengungkapkan, IoT menjadi salah satu faktor pendukung dari perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Karena hal tersebut, pemerintah akan memfasilitasi dan mengakselerasi para pelaku industri IoT untuk membangun ekosistem IoT yang baik di Indonesia.

Smart farming di sisi lain, sebagian besar digunakan untuk menunjukkan penerapan solusi IoT dalam pertanian. Meskipun IoT smart farming, serta IoT industri, tidak sepopuler perangkat yang terhubung dengan konsumen, tetapi pasarnya masih sangat dinamis dan adopsi solusi IoT untuk pertanian akan terus tumbuh. BI Intelligence memperkirakan bahwa jumlah instalasi perangkat IoT pertanian akan mencapai 75 juta pada tahun 2020, tumbuh 20% setiap tahun. Pada saat yang sama, ukuran pasar smart farming global diperkirakan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2025, mencapai $ 15,3 miliar (dibandingkan dengan sedikit di atas $ 5 miliar pada tahun 2016).

IoT ini merupakan terobosan dan efektifitas, banyak produsen dan provider yang menyediakan solusi tersebut. Perusahaan harus melihat dan menganggapnya sebagai nilai plus perusahaan apabila diimplementasi pada perusahaan. Salah satu bentuknya adalah kolaborasi, kolaborasi merupakan wujud nyata bagaimana IoT dapat terimplementasikan, provider membutuhkan ruang untuk bergerak dan implementasi, perusahaan yang mempunyai kendala dapat menjadi ruang dalam percontohan maupun bentuk sinergi.“, ucap Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Kementrian Perindustrian Republik Indonesia
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia disingkat Kemenperin RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh menteri yang sejak tanggal 27 Juli 2016 dijabat oleh Airlangga Hartarto.

Tentang Startup4Industry
“Startup4industry” merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan industri / masyarakat. Tahun 2020, Startup4industry mengambil tema “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri” sebagai salah satu langkah menuju Indonesia mandiri dan upaya menekan dampak pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN