fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Menjalani Program Fasilitas Desain Kemasan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia

PopIt Snack® Mengirimkan Produknya Pada Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat Guna Pelaksanaan Program Desain Kemasan dan Branding Produk UMKM Indonesia

Kabupaten Bandung 02 September 2020, untuk segera dipublikasikan. – Peran kemasan tidak hanya dilihat sebagai pelindung produk di dalamnya. Kemasan seharusnya juga diperankan sebagai alat komunikasi untuk mengenalkan brand kepada konsumen luas. Bila kemasan produk yang dicantumkan hanya nama produk ala kadarnya, bisa saja konsumen akan kesulitan membedakan produk yang satu dengan produk lainnya. Kendala masalah modal dan minimnya kemampuan UKM untuk membuat desain kemasan produk hingga strategi yang harus dilakukan, terkadang menjadi alasan mengapa mereka lebih memilih kemasan ala kadarnya untuk membungkus produknya. Apalagi sampai saat ini pelaku UKM cenderung mengandalkan kemampuan sendiri agar bisa meminimalisir biaya produksi. Titik tekan pada bisnis terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan oleh pelaku UKM, yang pertama terkait inovasi produk dan yang kedua mengenai pemasaran produk. Produk yang menarik bisa dilihat dari tampilan kemasannya yang menarik, kemudian baru menilai isi kemasan tersebut.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya terpilih sebagai salah satu peserta dalam program Fasilitasi Desain Kemasan dan Branding Produk UMKM dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk tingkat Jawa Barat. Hari ini Rabu tertanggal 02 September 2020, tim dari perwakilan PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya divisi FMCG PopIt Snack melakukan penyerahan berkas dan produk contoh dari merek dagang PopIt Snack pada Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk untuk program fasilitasi desain kemasan oleh Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Penyerahan contoh kemasan produk ini akan dikaji ulang oleh sebelum dan sesudahnya sehingga tujuan utama program ini dapat terlaksana dengan baik.

Wabah COVID-19 telah memaksa perubahan yang harusnya berlangsung dalam 5 tahun menjadi hanya dalam waktu 3 bulan. Itu sebabnya konsumen struggling menjalaninya. Awalnya sama sekali tidak bisa berenang, kemudian diceburkan, dan karena tak boleh tenggelam, maka UKM mati-matian berusaha, dan akhirnya lulus bisa berenang. Tentu saja awalnya sarat dengan penolakan (denial) yang kemudian diikuti dengan resistensi (resistence). Tapi karena dipaksa akhirnya mencoba, bereksperimen, dan bereksplorasi (exploration). Dan akhirnya terbentuk komitmen (commitment) untuk melakukan perubahan perilaku dan membentuk kebiasaan baru. Proses denial-resistence-exploration-commitment tersebut dimampatkan dari 5 tahun menjadi hanya 2-3 bulan. Bagaimana bisa? Karena konsumen “dipaksa berenang” sehingga kebiasaan-kebiasaan baru konsumen muncul dalam ukuran beberapa minggu atau bulan, bukan bertahun-tahun. Sebagai pimpinan perusahaan saya harus melakukan kajian dan pengkajian kembali terhadap cara kami berinteraksi, juga merek. Keikut sertaan kami dalam program fasilitasi desain kemasan ini diharapkan membuahkan hasil yang baik, sehingga mendongkrak kembali perekonomian yang lesu, juga penyerapan tenaga kerja.“, jelas Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya ketika melakukan briefing pada tim divisi FMCG PopIt Snack sebelum melakukan penyerahan desain produk.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik menyatakan bahwa, Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jabar bertujuan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekonomi kreatif di Jabar sehingga mampu bersaing di pasar nasional dan internasional melalui lembaga yang progresif, dinamis dan mampu memetakan ekosistem ekonomi kreatif di Jabar. “Selain itu untuk memberikan edukasi kepada para pelaku ekonomi kreatif atau UMKM dan masyarakat terkait dengan resolusi ekonomi kreatif pasca COVID-19,” ucap Dedi.Pada akhirnya diharapkan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat dan pendapatan daerah,” tambahnya.

Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat memiliki dasar hukum yakni Peraturan Daerah No. 17/2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 83/2019 tentang Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat serta Keputusan Gubernur Jawa Barat No: 064/Kep.288-Disparbud/2020 tentang Bagian Struktur Organisasi dan Susunan Personalia Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat. “Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat yang terdiri dari pelaku ekonomi kreatif dan para inovator ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Jawa Barat,” ujar Emil dalam keterangan tertulisnya hari Rabu yang lalu (10/6/2020).

Kami mengirimkan sample kemasan produk lama dan rancangan kemasan produk baru, dan juga hampers untuk bundling produk sebagai kemasan tersier. Harapan kami dalam mengikuti program Fasilitasi Desain Kemasan dan Branding dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia mewakili provinsi Jawa Barat adalah agar produk – produk kami kedepan dapat bersaing di kancah nasional dan luar negeri. Suatu kebanggaan apabila produk lokal karya putra putri Indonesia dapat menjadi merek dalam mindset konsumen. Apalagi generasi Z dan Alpha saat ini mereka melihat value dari suatu merek, perubahan behavior dari konsumen, mengakuisisi pergeseran keperilakuan (behavioral measurement) untuk mendefinisikan loyalitas pelanggan terhadap objek tertentu. Untuk mendeteksi loyalitas pada suatu merek tertentu yang sesungguhnya (true loyalty), maka perlu dilakukan pengujian pada struktur kognitif (cognitive structure) yaitu informasi merek yang diperoleh oleh konsumen harus mengarah pada merek focal yang dianggap superior dalam persaingan, struktur afektif (affective structure) yaitu tingkat kesukaan konsumen pada merek focal harus lebih tinggi daripada merek pesaing. Lewat program ini, kami mempelajari itu semua.“, papar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

 

Tentang Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Tugas dari kementrian ini berperan untuk membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan di bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kementrian-kementrian yang ada di Indonesia dibentuk dengan tujuan yang berbeda-beda. Fungsi utama suatu kementerian adalah untuk membantu pemerintah pusat yaitu presiden untuk dapat mengontrol segala sektor dari setiap aspek yang menjadi bagian dari suatu negara tersebut. Dengan rumusan tugasnya, Membantu Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yang meliputi koordinasi, perumusan kebijakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan penyelenggaraan pengelolaan serta pelayanan administratif kepada seluruh unsur di lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Tentang Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat
Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat memiliki dasar hukum yakni Peraturan Daerah No. 17/2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 83/2019 tentang Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat serta Keputusan Gubernur Jawa Barat No: 064/Kep.288-Disparbud/2020 tentang Bagian Struktur Organisasi dan Susunan Personalia Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN