fbpx

Header Gambar untuk Press Release PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya dengan Brand PopIt Snack Menjalani Inspeksi, Audit, dan Pendampingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

PopIt Snack® Menjalani Audit Tempat Produksi Pangan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung 07 Oktober 2020, untuk segera dipublikasikan. – Pengawasan adalah proses dan serangkaian kegiatan yang diawali dengan pengamatan kasat mata, pengujian, penelitian dan survei untuk bisa mengambil tindakan yang dapat mewujudkan suatu tujuan yang telah disusun serta direncanakan oleh pihak tertentu terutama instansi pemerintah. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Pengawasan pangan merupakan program pembangunan yang bersifat multilevel dan multisektor, sehingga diperlukan sinergitas dan keterlibatan semua pihak mulai dari Pemerintah, Pelaku Usaha dan masyarakat, untuk memberikan perlindungan dan menjamin persyaratan keamanan dan mutu pangan, bahwa semua produk pangan sejak produksi, penanganan, penyimpanan, pengolahan dan distribusi adalah aman, layak untuk dikonsumsi manusia, Dengan banyaknya peredaran produk pangan di masyarakat dan masih lemahnya mekanisme pengawasan pangan yang dilakukan, tidak membuat peredaran makanan yang berbahaya bisa terkendali meskipun industri pangan sudah memiliki sertifikat PIRT.

Menurut Assauri (1980), pengawasan mutu merupakan suatu tindakan atau kegiatan untuk memastikan apakah kebijaksanaan dalam hal mutu (standar) dapat tercermin dalam hasil akhir. Pengawasan mutu menentukan komponen-komponen mana yang rusak dan menjaga agar bahan-bahan untuk produksi mendatang tidak sampai rusak. Pengawasan mutu merupakan alat bagi manajemen untuk memperbaiki kualitas produk bila diperlukan, mempertahankan kualitas yang sudah tinggi dan mengurangi jumlah bahan yang rusak (Resohadiprojo, 1993). Maksud dari pengawasan mutu adalah agar spesifikasi produk yang telah ditetapkan sebagai standar dapat tercermin dalam produk atau hasil akhir (Assauri, 1980). Alasan diperlukannya pengawasan mutu produk menurut Yammit (1996) adalah untuk menekan atau mengurangi volume kesalahan dan perbaikan, menjaga atau menaikkan kualitas sesuai standar. Pengawasan mutu suatu perusahaan dengan semaksimal mungkin akan memberikan kepuasaan dan kepercayaan kepada konsumen yang akan terus menggunakan produk tersebut. Walaupun segala proses produksi direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, barang hasil akhir mungkin saja karena satu dan lain hal tidak sesuai dengan standar-standar yang telah ditentukan. Tindakan yang dilakukan untuk mengurangi kerugian karena kerusakan, pemeriksaan tidak terbatas pada pemeriksaan akhir saja, tetapi dapat dilakukan pada saat proses sedang berlangsung.

Kali ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung menggelar Inspeksi Kesehatan dan Pendampingan dari para pelaku UMKM yang telah dibina. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pelaku industri dalam rangka penyelenggaraan produksi pangan, dan penerapan sanitasi dan higienitas dalam memproduksi. Bersama dengan pejabat dan petugas puskesmas Desa Mekarrahayu, pendampingan dan pengawasan dilakukan pada PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Mengutip UKM ID, PIRT adalah singkatan dari Produk Industri Rumah Tangga. PIRT merupakan izin produksi pangan yang dihasilkan skala industri rumah tangga yang di tetapkan oleh BPOM (Badan pengawasan Obat dan Makanan) . Disamping PIRT, dalam kondisi dan level yang berbeda, juga ada berbagai macam bentuk izin lainya dengan kategori berbeda seperti MD, ML. MD menunjukan produk pangan dalam negeri yang biasanya produksi dengan modal besar.Sedangkan ML menunjukan produk pangan luar negeri.Nomor PIRT berjumlah 15 digit, dan yang lama berjumlah 12 digit. Jangka waktu Izin berlakunya PIRT adalah 5 tahun dan jika masa berlakunya telah habis, bisa langsung diperpanjang. Para pelaku usaha juga diharuskan untuk mempunyai SIUP sebelum mendaftarkan nomor PIRT.

Kami telah melengkapi semua protokol kesehatan, higienis, dan sanitasi. Apalagi, kami merupakan mitra binaan dari pemerintah dengan lembaga dan instansi terkait. Ini bukan inspeksi, namun lebih pendampingan, sejauh mana kami telah melakukan penerapan protokol sesuai dengan GMP-HACCP. Pihak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dan tim dari Puskesmas Desa Mekarrahayu selalu mengingatkan kami akan pentingnya keamanan pangan. Karena ini menjadi salah satu aset, dan wujud nyata bahwa kepedulian perusahaan kepada konsumennya. Sebagai pendamping, mereka memberikan paparan tujuan instruksi dari kementrian kesehatan Republik Indonesia.” jelas Fransiscus, Diretur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung
Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung merupakan Dinas Otonomi Daerah yang secara struktur sepenuhnya berada dalam kewenangan Pemerintah Daerah, sedangkan hubungan dengan Dinas Kesehatan Propinsi adalah merupakan hubungan kerja fungsional, sehingga tugas–tugas bantuan (dekonsentrasi) dibidang kesehatan ditingkat Kabupaten dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mempunyai tugas pokok dibidang kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung berfungsi merumuskan kebijaksanaan sistem kesehatan Kabupaten dan melaksanakan kegiatan teknis operasional di bidang kesehatan, yang di laksanakan oleh Pemerintah di Kabupaten Bandung. Dinas ini berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati Bandung.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung merupakan salah satu SKPD yang menyelenggarakan pelayanan publik di bidang kesehatan. Tugas pokok dan fungsi Dinas Kesehatan berdasarkan Perbup No. 3 tahun 2008 adalah merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan bidang kesehatan.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN