0

Cart

PopIt Snack® Menjalani Program UMKM Jawa Barat Naik Kelas Batch 2 Tajuk Pelatihan Legalitas Perusahaan

Kota Bandung 24 April 2019, untuk segera dipublikasikan. – Saat ingin mulai bisnis, legalitas atau izin usaha pasti sangat diperlukan. Hal ini sangat penting guna memperlancar jalannya bisnis dikemudian hari. Tapi sayangnya masih banyak pelaku usaha, terutama yang bergerak di sektor kecil menengah mengabaikan fungsi dan manfaat melegalkan usahanya.

Program UMKM Jawa Barat Naik Kelas Batch 2 dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat memberikan kesempatan kepada UMKM perserta program untuk mengikuti pelatihan legalitas perusahaan. Bertempat di Politeknik Negeri Bandung Gedung Magister Geger Kalong Hilir Kabupaten Bandung, tim dari Program UMKM Jawa Barat Naik Kelas Batch 2 ini mengadakan pendampingan dan pelatihan pada peserta program. Ibu Rizkita Kurnia Sari, SH., MKn selaku Narasumber dan memiliki profesi notaris dan pengajar di Fikom UNINUS. Pelatihan ini akan dilakukan dengan konsep seminar interaktif yang dimana peserta bisa bebas bertanya dengan pemberi materi, para akademisi dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam Sinergitas ABCGM khususnya Pusat Inkubasi Bisnis Politeknik Bandung yang menfasilitasi kegiatan workshop legalitas usaha kali ini, tim Program UMKM JAwa Barat Naik Kelas, dan Dr. Meriza Hendri, SIp, MM sebagai moderator dan ketua pelaksana penulis, pembicara serta motivator bisnis manajemen entrepreneur serta pengelola web Strategi dan Bisnis, Strabiz dan GiMB. Selain workshop, setiap peserta bisa konsutasi tentang legal usaha secara mendalam kepada pengisi materi secara langsung.

Tidak terkecuali bagi sebuah Perusahaan dan UMKM sendiri. Sebagai salah satu bentuk taat kepada hukum, sebuah perusahaan harus melegalkan usahanya. Legalitas yang dimaksud adalah berupa izin yang sah secara hukum terhadap segala kegiatan usaha yang dijalankan beserta semua elemen yang terlibat di dalamnya. Izin dapat ditafsirkan sebagai dispensasi dari larangan, jadi kalau tidak punya izin maka kegiatannya tidak legal. Bagi perusahaan yang berbentuk mikro dan kecil, legalitas usaha sangat bermanfaat bagi kemajuan usaha. Izin usaha bagi usaha mikro dan kecil disebut dengan IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 98 Tahun 2014, tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Sangat penting bagi pimpinan perusahaan menghadiri kegiatan seperti ini. Bagi kami Mandiri Tunggal Sejahtera yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu peserta dalam UMKM Naik Kelas Jawa Barat Batch 2, ini salah satu bentuk pembinaan, karena kami sedang membangun dan mewujudkan visi kami dalam menjadi perusahaan yang bergerak di bidang industri pangan yang memiliki integritas dan inovasi. Salah satu bentuk integritas adalah melegalkan status perusahaan menjadi badan usaha berbadan hukum.“, seru Bapak Fransiscus Direktur Utama Mandiri Tunggal Sejahtera dalam melaporkan kegiatan pelatihan legalitas perusahaan. Bapak Fransiscus sendiri menghadiri acara tersebut sebagai wakil dari Mandiri Tunggal Sejahtera, peserta Program UMKM Jawa Barat Naik Kelas Batch 2.

Aturan terbaru pendirian perusahaan dan izin usaha tahun 2019 diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi berada di angka 5,2 persen. Ini artinya peluang untuk berbisnis masih terbuka lebar. Pemerintah mengatakan bahwa tahun ini investasi dan pengeluaran modal domestik menjadi salah satu pendorong positif. Selain itu proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut didasari oleh usaha pemerintah untuk pengetatan impor, peningkatan ekspor, dan menggenjot kenaikan wisatawan (sumber: The Jakarta Post, 27 November 2018). Melihat usaha pemerintah tersebut, kamu bisa memanfaatkan peluang di bidang-bidang terkait hal di atas. Selain menggenjot beberapa hal di atas, pemerintah juga mengeluarkan aturan guna mempermudah pelaku usaha. Salah satu yang merevolusi sistem perizinan berusaha di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Peraturan Pemerintah tersebut merupakan dasar berlakunya sistem Online Single Submission (OSS). Dengan sistem ini, dalam sekitar 2 bulan pemerintah telah menerbitkan 38.835 Nomor Induk Berusaha (NIB) (sumber: Tempo, 21 September 2018). Hal tersebut tak lepas dari kecepatan memproses perizinan berusaha yang diklaim bisa selesai hanya dalam waktu 1 jam (sumber: Tirto, 9 Juli 2018).

Dalam waktu dekat, Mandiri Tunggal Sejahtera akan menjadi badan usaha berbadan hukum untuk memberikan jaminan kepada konsumen dan mitranya dalam melakukan kerjasama yang sinergis. Ini juga merupakan salah satu perwujudan dari rencana aksi perusahaan dalam pertanggung jawaban perusahaan di program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Tahun Program 2019 oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. Saya yakin, capaian akan semakin besar ketika kami, Mandiri Tunggal Sejahtera, mempersiapkan segala sesuatunya. Hal kecil yang terkadang diabaikan contohnya publikasi resmi perusahaan dalam informasi laporan keuangan untuk stakeholder yang dirilis secara resmi untuk khalayak dan terbatas, sudah kami lakukan pada situs resmi kami. Impian kami kedepan, kami dapat bertumbuh besar bukan saja perusahaan yang berbadan hukum, namun terbuka dan transparan untuk mencapai IPO atau Initial Public Offering.“, tutup Fransiscus.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® pada kegiatan acara Program UMKM Jawa Barat Naik Kelas Batch 2 ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat. Dokumentasi dari kegiatan tersebut dapat disimak dalam tautan Kegiatan Offline ABCGM di PolBan – Materi Badan Usaha dan Perijinan Usaha Untuk UMKM pada Kanal Youtube STRABIZ TV.

 

 

 

Tentang Sinergitas ABCGM
Tim ABCGM (Akademisi-Business-Communitas- Goverment-Media)  ini sudah terbentuk sejak bulan Juni 2017 dan beberapa kegiatan sudah dilakukan untuk membantu UMKM naik kelas, mulai data base, pelatihan bagi UMKM, Pendampingan bagi UMKM, pameran, seminar bisnis sampai dengan diperkenalkan dengan media. Atas inisiatif dari Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Dr. Dudi Sudrajat, diajaklah stakeholders yang berkomitmen untuk membantu diri sendiri naik kelas pada khususnya serta wirausaha pada umumnya sehingga benar-benar menjadi pengusaha yang bisa naik kelas dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Nama kelompok ini adalah Tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar Naik Kelas.

Tentang Pusat Inkubator Bisnis STIA LAN Bandung (BiCube)
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung telah meresmikan Pusat Inkubator bisnis atau Business Incubator Centre (Bicube) pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018 yang lalu di Kampus STIA LAN Bandung, Jl Cimandiri 34 – 38 Bandung. Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
STIA LAN Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara, yang berlokasi terletak di Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung.  STIA LAN Bandung merupakan hasil integrasi dua lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN), yang didirikan pada tanggal 24 Desember 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Pertama RI Nomor 578 MP/1960, dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA), yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1964 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Kerja RI Nomor Aa/C/77/1964. Pengintegrasian kedua lembaga tersebut dituangkan ke dalam Surat Keputusan Direktur LAN Nomor 31/Pend/UP/1967 tertanggal 28 Maret 1967 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN). Selanjutnya STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 dan Surat Keputusan Ketua LAN Nomor 1202 Tahun 1990. Selanjutnya penguatan kedudukan dan peran STIA-LAN diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1999 tentang LAN. Eksistensi STIA LAN diperkuat lagi melalui Keputusan Presiden   Nomor   100   Tahun 1999 tanggal  31  Agustus 1999 tentang Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN). Operasional organisasi STIA LAN diatur melalui  Keputusan Kepala LAN Nomor  535/V/6/1999  tanggal 20 September 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Lembaga Administrasi Negara.

Tentang Mandiri Tunggal Sejahtera
Mandiri Tunggal Sejahtera adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

Mandiri Tunggal Sejahtera  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN