0

Cart

PopIt Snack® Menyatakan Kesiapan Keamanan dan Perlindungan Data Pengguna Perusahaan

Kabupaten Bandung 22 Mei 2019, untuk segera dipublikasikan. – Indonesia tengah menyiapkan diri menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025. Namun sejumlah hal masih menjadi bagian pekerjaan rumah bagi pemerintah. Salah satunya adalah menyiapkan regulasi khusus terkait data sharing untuk melindungi data pengguna yang tersimpan secara digital. Hal ini penting mengingat beberapa kasus penyalahgunaan data pengguna sempat terjadi.

Foto illustrasi pada tajuk utama halaman ini diambil dari Dokumentasi Pengangkatan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini Indonesia tidak memiliki undang-undang yang spesifik mengatur tentang perlindungan data pribadi. Dasar hukum dari perlindungan data hanya dapat ditemukan dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 juncto Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), serta peraturan-peraturan pelaksananya. Namun demikian, hanya ada beberapa pasal yang mengatur tentang perlindungan data pribadi dan mekanisme perlindungannya. Bahkan, di UU ITE hanya terdapat 1 pasal yang mengatur tentang data pribadi, yakni tentang pemberitahuan penggunaan data pribadi. Terkait dengan definisi data pribadi, dapat ditemukan di Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

Data adalah bahan baku informasi, didefinisikan sebagai kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, tindakan, benda, dan sebagainya. Data terbentuk dari karakter, dapat berupa alfabet, angka, maupun simbol khusus seperti *, $ dan /. Data disusun untuk diolah dalam bentuk struktur data, struktur file, dan basis data. Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

Keamanan informasi data pengguna tidak hanya mencakup di industri teknologi saja, tetapi industri tradisional seperti perbankan yang notabene memiliki jutaan data demografis dan keuangan nasabah telah menerapkan sistem manajemen mutu yang rapi dan aman untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan dari semua informasi penting yang dimiliki masing-masing nasabah yang tercatat di masing-masing perbankan. Standarisasi sistem ini umumnya diverifikasi langsung oleh badan khusus yang memberikan sertifikasi ISO 27001:2013, yakni standar pedoman yang diterbitkan oleh ISO (International Organization of Standardization) yang fokusnya mengatur semua kebijakan, prosedur, dan kontrol dari sistem manajemen keamanan informasi dari suatu perusahaan baik itu dalam bentuk fisik maupun elektronik.

Menjawab keprihatinan mengenai perihal perlindungan data tersebut, adapun ISO 27001:2014 merupakan jawaban dari salah satu bentuk kepatuhan yang mengacu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dilansir dari peraturan POJK Nomor 77/POJK.01/2016. Aturan tersebut mengharuskan semua platform khususnya fintech untuk memiliki standar tinggi dalam mengelola risiko keamanan informasi dari semua hal yang berhubungan dengan penjagaan data pengguna dan data perusahaan.

Untuk mempersiapkan rencana aksi perusahaan PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya, dan mendukung Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2025, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya menyatakan kesiapan perusahaan dalam menjalani proses Keamanan dan Perlindungan data pengguna dan data perusahaan. Salah satunya adalah pendaftaran sistem elektronik pada Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia hingga penggunaan enskripsi nasional dari Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia.

Kami (PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya), melakukan upaya-upaya untuk melindungi kekayaan intelektual kami, pengamanan dan perlindungan data pengguna. Bila pengguna perhatikan dihalaman situs resmi kami, sudah mulai dimunculkan beberapa informasi kebijakan dan tata kelola lain sesuai dengan sistem manajemen perusahaan. Mungkin bagi sebagian orang akan dianggap remeh dan bertele-tele. Sebagian orang akan beranggapan apakah perusahaan sedang menuju perseroan terbuka dengan mempublikasi sesuai dengan perundangan perseroan terbuka? Informasi yang kami sampaikan pada pengguna harus berdasarkan sistem dan kerangka operasional perusahaan, sekarang, atau tidak sama sekali. Ini akan mencerminkan kelaikan perusahaan, mitra tidak akan ragu bekerjasama dengan kami. Bukan semata mata karena regulasi atau harus melek secara digital, melainkan kepatuhan dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Kami nanamkan integritas yang tinggi untuk kelangsungan perusahaan. Dan Ya, PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya tengah menyiapkan menjadi perusahaan berbadan hukum perseroan terbuka / perusahaan publik. Perjalanan masih panjang, tapi sedang kami persiapkan!“, papar Fransiscus direktur utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Pada kesempatan kali ini ia juga menambahkan pernyataan, “Bahkan kami mencoba naik ke level berikutnya, applikasi dan situs kami bukan saja diakses oleh orang Indonesia, tapi seluruh dunia dapat mengaksesnya. Standarisasi egulasi yang kami tetapkan adalah internasional. Contohnya bagaimana kelaikan penggunaan situs perusahaan apabila diakses di Uni Eropa atau bahkan spesifik di negara bagian California, Amerika Serikat. Regulasinya berbeda, ada GDPR dan CalOPPA. Pembenahan sistem dilakukan paralel dengan peningkatan kualitas dan penjualan produksi. Bila perusahaan hanya mementingkan profit, level perusahaan hanya akan berkutat di tempat yang sama. Kami melihatnya sebagai asset, bukan liabilitas.“.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

 

 

 

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | press@popitsnack.com

###

for immediately publish and release

IKLAN