fbpx

PopIt Snack® Merespon dan Menyatakan Kesiapan Perusahaan dalam Fasilitas Desain Kemasan Produk KUKM Kementerian Koperasi dan UKM RI

Kabupaten Bandung 11 Juli 2020, untuk segera dipublikasikan. –Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bapak Teten Masduki mengatakan, ada enam program utama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi virus corona atau COVD-19. Program tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas (Ratas) terkait program mitigasi dampak COVD-19 terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Teten membeberkan bahwa Presiden minta nilai ekspor UMKM bisa tumbuh dua kali lipat dari sekarang. Namun Teten juga menyadari bahwa UMKM tidak dapat berdiri sendiri untuk menjangkau pasar internasional yang lebih luas. Sementara menurut Teten, besarnya nilai ekspor UMKM negara lain salah satunya dipengaruhi hubungan UMKM tersebut dengan industri besar, yang belum ada implementasinya di Indonesia.

Fasilitas Desain Kemasan Produk UMKM dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia adalah salah satu program yang diberdayakan guna membentuk kesiapan para pelaku UKM untuk menghadapi pasar. Dengan membenahi citra kesaman / branding produk UKM, diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dari produk – produk yang telah dipasarkan.

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya merespon kesiapan perusahaan dalam penyaluran fasilitas tersebut, dengan melakukan pendaftaran ulang berdasarkan persyaratan yang dibutuhkan dalam program tersebut. Sebelumnya, perusahaan juga telah diberikan kesempatan ditahun 2019 yang lalu dalam pemberian kesempatan fasilitas pendaftaran kekayaan hak intelektual berupa merek dagang PopIt Snack di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang didaftarkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia lewat Asdep Standardisasi dan Sertifikasi Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, sebagai bentuk penghargaan bagi para pelaku UMKM Indonesia yang terpilih dan lolos seleksi.

Sering Permohonan Pendaftaran Desain Industri untuk Desain Kemasan Produk ditolak dikarenakan tidak memenuhi pasal 2 UU no 31 Th 2000 tentang Desain Industri, yaitu dianggap tidak baru. Padahal penyebabnya adalah dikarenakan telah dilakukan pengungkapan sebelumnya (misalnya diiklankan/dijual melalui internet) oleh pemilik desain itu sendiri, bukan dikarenakan adanya kesamaan dengan desain pihak lain. Namun kini dengan telah diundangkannya Undang-Undang no 20 tahun 2016 tentang Merek & Indikasi Geografis pada tanggal 25 November 2016 dan Permenkumham RI no 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek pada tanggal 30 Desember 2016, Desain Kemasan Produk tersebut dapat didaftarkan sebagai merek tiga dimensi.

Pandemik COVID-19 di Indonesia sangat berdampak bagi kelangsungan UMKM, Saya telah mendirikan perusahaan ini dari pelaku industri rumah tangga hingga kini memiliki badan hukum. Salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan adalah merespon program pemerintah, membuka lapangan pekerjaan, hingga turut membantu memulihkan perekonomian di Indonesia. Saya yakin dan terus berpandangan secara positif dalam menjalani bisnis. Semua pasti ada pasang-surutnya, namun bila kita mempunyai keyakinan, harapan dan peluang itu akan mencari jalannya sendiri. Semoga kami dapat lolos dan menjadi lebih baik dikemudian hari. Harapannya dari fasilitas desain kemasan tersebut akan diajukan oleh perusahaan untuk hak kekayaan intelektual yang ekslusif berupa hak desain kemasan produk“, ungkap Fransiscus Direktur Utama PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tentang Kegiatan PopIt Snack® ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami berharap dapat memaksimalkan teknologi informasi untuk berkompetisi dengan sehat dan memberikan informasi yang lebih cepat.

Tentang Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Tugas dari kementrian ini berperan untuk membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan di bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kementrian-kementrian yang ada di Indonesia dibentuk dengan tujuan yang berbeda-beda. Fungsi utama suatu kementerian adalah untuk membantu pemerintah pusat yaitu presiden untuk dapat mengontrol segala sektor dari setiap aspek yang menjadi bagian dari suatu negara tersebut. Dengan rumusan tugasnya, Membantu Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yang meliputi koordinasi, perumusan kebijakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan penyelenggaraan pengelolaan serta pelayanan administratif kepada seluruh unsur di lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Tentang PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya
PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya adalah perusahaan produsen makanan ringan dalam kemasan, dengan merek dagang PopIt Snack®. Saat ini konsentrasi untuk memproduksi makanan ringan dari hasil olah pangan jagung dengan merek dagang PopIt Snack®.

For immediately contact Public Relation Officer in charge

PT. Mandiri Tunggal Sejahtera Berkarya  | [email protected]

###

for immediately publish and release

IKLAN